Waspada Meninggalkan Kendaraan di Tempat Wisata, Lakukan Antisipasi Ini!

Waspada Meninggalkan Kendaraan di Tempat Wisata, Lakukan Antisipasi Ini!

Waspada Meninggalkan Kendaraan di Tempat Wisata, Lakukan Antisipasi Ini!

Membawa kendaraan pribadi untuk liburan bersama keluarga memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mengakses tempat wisata. Selain itu, Anda juga akan menghemat ongkos transportasi.

Meski begitu, ada beberapa hal yang sebaiknya diwaspadai saat Anda meninggalkan kendaraan di sekitar lokasi wisata. Karena kecerobohan sedikit saja akan menyebabkan risiko kerusakan sampai kehilangan.

Maka, saat mengandalkan kendaraan pribadi untuk jalan-jalan, pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut untuk memastikan keamanannya.

  • Pelajari karakter tempat parkir

Kebanyakan tempat wisata populer biasanya sudah dilengkapi fasilitas seperti tempat parkir yang memadai. Sayangnya, lokasi-lokasi yang masih jarang dikunjungi belum mendapatkan perhatian dari pemerintah sekitar, sehingga area parkirnya pun seadanya.

Mengetahui karakter dari masing-masing tempat parkir membantu Anda memperkirakan titik teraman untuk memarkirkan kendaraan dan kemudahan mengaksesnya dalam waktu cepat.

  • Mengantisipasi tanjakan atau turunan

Berhubungan dengan poin sebelumnya, beberapa tempat wisata, terutama objek wisata alam, memiliki area parkir yang ‘ekstrem’. Anda bisa saja harus memarkirkan kendaraan di tanjakan atau turunan.

Saat menghadapi kondisi tempat seperti ini, Anda perlu memastikan posisi setir sudah menyerong. Kemudian, arahkan roda depan ke tebing atau selokan alih-alih badan jalan. Langkah ini dilakukan agar mobil tak mencelakai orang lain kalau tiba-tiba bergerak tanpa Anda ketahui.

  • Parkirkan kendaraan dekat pos jaga

Menempatkan kendaraan di area yang ramai saja belum cukup. Kalau Anda mau tenang dan bisa menikmati liburan, pastikan mobil atau sepeda motor diparkirkan dekat pos jaga atau pos satpam.

Tak sedikit pelaku tindak kejahatan yang beraksi di tengah keramaian, sehingga menaruh kendaraan di bawah pengawasan pihak terpercaya akan menjauhkan Anda dari risiko tersebut. Jangan lupa memeriksa akses masuk dan keluar supaya kendaraan tak menghalangi kendaraan lain.

  • Pasang kunci setir untuk keamanan ekstra

Tak bisa mendapatkan lokasi parkir dekat pos jaga? Anda masih bisa memproteksi kendaraan dengan memasang kunci setir. Alat tersebut memungkinkan kemudi Anda terkunci dan tak dapat dirusak dengan mudah.

Selain itu, pelaku yang berniat membobol kendaraan Anda pun akan berpikir dua kali saat melihat kunci setir. Sementara untuk sepeda motor, kunci menggunakan stang atau gembok dan rantai apabila memungkinkan.

  • Jangan tinggalkan barang berharga

Meski Anda memakai proteksi tambahan, meninggalkan barang berharga di dalam mobil tetap berisiko. Perangkat-perangkat elektronik seperti smartphone kadang mengalami kerusakan saat ditaruh di tempat panas dan tertutup.

Kemudian, meletakkan dompet di tempat yang mudah terlihat seperti dasbor atau jok pengemudi berpotensi mengundang tindak kriminal. Jadi, walau terkesan merepotkan, bawa semua barang berharga setelah Anda memarkirkan mobil.

Semoga liburan Anda bersama keluarga menjadi menyenangkan !