Trik Aman Pengereman Mobil Mendadak Saat Melaju Kencang

Trik Aman Pengereman Mobil Mendadak Saat Melaju Kencang

Trik Aman Pengereman Mobil Mendadak Saat Melaju Kencang

Kondisi di jalan tidak selalu seperti yang kita bayangkan. Bisa saja saat mobil kita melaju kencang tiba-tiba ada sesuatu yang muncul di hadapan kita sehingga kita harus melakukan teknik pengereman mendadak atau yang disebut panic braking supaya kita tidak menabrak apapun itu yang ada di hadapan kita. Berikut ini trik pengereman mendadak saat ada hal yang tidak terduga muncul di hadapan mobil kita yang sedang berjalan kencang yang dishare oleh Bapak Samsu Alam selaku Operational Director PT. CentrePark Citra Corpora.

  • Cara pengereman pada mobil dengan ABS (Anti-lock Brakes System)

Mobil-mobil keluaran terbaru umumnya sudah dilengkapi sistem ABS dimana sistem ini mencegah mobil terkunci saat rem mobil diinjak penuh sehingga mobil tidak akan tergelincir yang berbahaya bagi pengendara mobil itu sendiri ataupun pengendara mobil lain.

ABS memang dirancang supaya mobil tidak terkunci tapi bukan berarti Anda langsung menginjak rem sampai habis saat ingin mengerem mendadak. Ketika ada sesuatu muncul tiba-tiba di hadapan Anda yang perlu Anda lakukan adalah injak rem dengan mantap secara bertahap hingga rem terinjak penuh. Posisikan kaki kiri Anda di footrest untuk menjaga tubuh Anda tetap stabil.

Biasanya untuk menghindari benda di depan, orang secara otomatis akan membanting setir mobil habis. Tindakan ini justru berbahaya karena gerakan mobil jadi tidak bisa terkontrol. Tak jarang tindakan ini malah akan membuat mobil jadi menabrak mobil lain di jalur lain, pohon atau pembatas jalan. Jaga pandangan Anda tetap mengarah ke depan. Arahkan pandangan Anda ke posisi yang ingin Anda tuju bukan ke benda yang ada di hadapan Anda. Saat kaki Anda menginjak rem, putar kemudi secara perlahan ke arah tujuan Anda. Cara ini akan membuat roda depan mobil mencengkeram jalan lebih mantap dan mobil lebih mudah dikendalikan.

  • Cara pengereman pada mobil tanpa ABS

Untuk mobil tanpa ABS ada dua cara yang bisa digunakan yaitu Pulse Braking dan Threshold Braking. Pulse braking adalah teknik pengereman yang dilakukan secara cepat dan berkali-kali. Jadi rem dinjak-lepas-injak-lepas berkali-kali supaya roda tidak terkunci. Sedangkan Threshold brakingadalah teknik pengereman dengan menginjak rem sebelum sampai batas maksimal (threshold). Rem diinjak dengan kuat tapi tidak mendadak melainkan bertahap sampai Anda merasakan bemper mobil mulai bergeser atau sampai terdengar ban berdecit. Jika Anda sudah merasakan dua tanda ini, lepas kaki dari pedal rem lalu injak rem lagi sekuatnya.

Pandangan jangan diarahkan ke benda yang ada di depan yang muncul tiba-tiba tersebut tapi arahkan ke sisi kanan kiri benda dimana Anda bisa memanuver mobil Anda untuk menghindarinya. Trik pengereman mendadak ini perlu latihan supaya tubuh Anda terbiasa, sigap, dan tidak panik dalam melakukan teknik pengereman ini.