Transaksi Pembayaran Parkir Kendaraan Lebih Cepat Dengan Tap In Tap Out

Transaksi Pembayaran Parkir Kendaraan Lebih Cepat Dengan Tap In Tap Out

Transaksi Pembayaran Parkir Kendaraan Lebih Cepat Dengan Tap In Tap Out

Tren cara bayar cashless kini makin merambah berbagai macam industri yang ada di Indonesia, tidak terkecuali industri perparkiran.

Metode cara bayar yang lebih aman dan praktis ini telah diterapkan oleh CentrePark dengan menggunakan sistem tap in tap out alias pengguna lahan parkir yang bisa bayar parkir hanya dengan menempelkan kartu pembayaran di mesin yang sudah tersedia.

Teknologi ini dikembangkan oleh CentrePark untuk memotong lama waktu yang digunakan pengguna parkir untuk masuk dan juga keluar dari lahan parkir sehingga resiko kemacetan di area tempat parkir pun bisa diminimalisir.

Waktu yang bisa dihemat adalah sekitar 7-10 detik dibandingkan dengan cara bayar parkir yang biasa. Program tap in tap out ini juga merupakan salah satu dukungan CentrePark untuk program pemerintan Gerakan Nasional Non Tunai.

  • Sudah ada kerja sama perbankan

Berkaitan dengan cara bayar parkir tap in tap out milik CentrePark ini, Bapak Anton S. Darnado selaku General Manager Smartpay and Technology PT. Centrepark Citra Corpora menyatakan bahwa prosesnya tidak setengah-setengah.

Dibuktikan dengan kesiapan CentrePark dalam memberikan kemudahan kepada para pengguna parkir dengan bekerjasama dengan perbankan mainstream yang ada di Indonesia yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA.

Kemudahan tersebut kemudian diwujudkan dengan satu mesin reader yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran dengan kartu pembayaran elektronik yang dikeluarkan oleh bank-bank tersebut.

  • Mekanisme cara kerja parkir cashless

Lahan parkir CentrePark menggunakan pintu masuk dengan sistem palang otomatis yang tidak dijaga petugas atau manless. Kemudian ketika pengemudi akan keluar dari tempat parkir, petugas akan memberikan informasi mengenai biaya parkir yang harus Anda bayar berdasarkan dengan lamanya penggunaan tempat parkir.

Kartu cashless yang dimiliki oleh pengguna parkir bisa digunakan untuk bayar parkir yang saldonya akan langsung terpotong sesuai dengan biaya parkir. Bapak Anton menambahkan di beberapa fasilitas parkir CentrePark, rekanan bank bahkan sudah menyediakan tempat khusus di mana pengguna parkir bisa melakukan top up saldo atau beli kartu non tunai yang baru yang bisa memudahkan pengguna parkir.

  • Teknologi yang bisa mengubah wajah industri perparkiran

Bapak Anton mengatakan dengan adanya sistem tap in tap out ini, maka industri perparkiran bisa memiliki model bisnis yang lebih aman, lebih efisien, dan lebih akurat perhitungan pendapatan parkirnya karena hampir seluruhnya dikontrol oleh sistem dengan tingkat eror yang rendah.

Untuk sementara ini sudah ada 4 fasilitas parkir dari CentrePark yang menerapkan sistem pembayaran tap in tap out  yang terletak di Gelora Bung Karno, Ciputra International Apartment, Voza Premium Office, dan Mall Festival Citylink Bandung yang tentunya akan bertambah jumlahnya di masa yang akan datang.