Tips Perawatan Rutin Kendaraan Anda Saat Musim Penghujan

Tips Perawatan Rutin Kendaraan Anda Saat Musim Penghujan

Tips Perawatan Rutin Kendaraan Anda Saat Musim Penghujan

Memasuki musim penghujan, mobil membutuhkan perawatan ekstra supaya terjaga performa dan kondisinya. Air hujan dengan kandungan yang bersifat basa bisa membuat mobil cepat rusak jika tidak segera dibersihkan setelah digunakan. Sebab itulah pemilik mobil perlu menerapkan tips perawatan mobil saat musim penghujan berikut ini.

Cara Merawat Mobil Di Musim Penghujan

Tak hanya merusak bagian mobil, air hujan yang bercampur dengan kotoran di jalan bisa membuat tampilan mobil tak terawat.

  • Keringkan mobil setelah digunakan

Tips perawatan mobil saat musim penghujan yang pertama adalah keringkan mobil setelah terkena air hujan. Sebisa mungkin hindari membiarkan air hujan kering dengan sendirinya, sebab hal ini bisa membuat pelindung cat mobil cepat rusak. Selain itu, lapisan cat juga bisa berkarat dan berjamur. Oleh karena itu, segera cuci mobil menggunakan sampo khusus sesaat setelah digunakan.

  • Bersihkan kaca depan mobil secara rutin

Bagian mobil yang juga butuh perawatan rutin adalah kaca depan supaya tetap jernih dan bersih. Membersihkan kaca mobil bisa dilakukan dengan mengelapnya setelah atau ketika terkena hujan. Selain itu, saat hujan tetap nyalakan AC mobil dengan suhu tak terlalu dingin untuk membantu menjernihkan kaca mobil akibat embun ketika hujan. Membersihkan kaca mobil juga bisa dilakukan dengan menggunakan kanebo lembab yang sudah diolesi sampo.

  • Bersihkan karpet mobil

Selain eksterior, bagian interior juga perlu dibersihkan sesegera mungkin saat musim penghujan. Membersihkan karpet mobil secara rutin bisa mencegah munculnya jamur dan menghindari bau tak sedap yang disebabkan oleh kondisi karpet yang basah. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang karpet tambahan untuk melapisi karpet mobil supaya tidak basah. Selain dibersihkan, karpet mobil juga perlu dicuci minimal satu minggu sekali.

  • Semprot mobil dengan cairan silicon

Cairan silicon adalah pelumas khusus karet yang berfungsi melicinkan dan melembabkan pintu mobil dan karet kaca. Tips perawatan mobil saat musim penghujan ini bisa membuat karet kaca mobil lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Sebab karet kaca yang terpapar sinar matahari dan hujan secara terus menerus cenderung lebih cepat mengalami kerusakan.

  • Cek kondisi rem, ban mobil, dan komponen mesin

Tips berikutnya adalah memeriksa kondisi rem, ban mobil, dan komponen mesin mobil. Pada musim penghujan, ban mobil cenderung mencengkeram lebih kuat dari biasanya, sehingga permukaannya lebih cepat halus. Supaya kondisi ban mobil dan rem tetap sesuai dengan standar, pastikan untuk memeriksanya secara berkala.

Selain ban dan rem mobil, pemeriksaan juga perlu dilakukan pada komponen mesin. Hal ini dikarenakan air hujan mudah masuk ke komponen mesin dan menyebabkan kerusakan. Semoga membantu tips perawatan mobil saat musim penghujan dari kami.