Tips Perawatan Mobil Setelah Terkena Air Hujan Agar Tidak Ada “Water Spot”

Tips Perawatan Mobil Setelah Terkena Air Hujan Agar Tidak Ada “Water Spot”

Tips Perawatan Mobil Setelah Terkena Air Hujan Agar Tidak Menimbulkan Noda

Saat musim penghujan, body mobil cenderung lebih mudah kotor karena water spot atau bintik akibat air hujan. Jika tidak benar penanganannya, noda air hujan bisa lebih sulit hilang dan dapat menimbulkan jamur pada body mobil.

Nah, berikut ini beberapa tips perawatan mobil setelah terkena air hujan supaya tidak meninggalkan water spot. Caranya terbilang sederhana, sehingga pemilik mobil bisa melakukannya sendiri di rumah. 

Cara Menghilangkan Water Spot Akibat Air Hujan

Tips berikut bisa membuat mobil terlihat semakin bersih dan menarik. Apa saja? Yuk simak ulasan selengkapnya. 

  • Segera Bilas Mobil Setelah Kehujanan

Membilas mobil dengan air bersih setelah terkena air hujan adalah cara paling mudah untuk menghindari water spot. Bilas mobil secara merata dari bodi bawah, depan, engsel, hingga bagian tepinya. Setelah mencuci mobil, segera keringkan mobil dengan spons dan kain lembut. 

  • Gunakan Shampo Khusus Mobil

Saat mencuci mobil yang terkena air hujan, sebaiknya gunakan shampo khusus dengan kadar busa rendah. Penggunaan shampo khusus mobil dapat mencegah timbulnya noda pada mobil. 

Sementara itu, untuk menghilangkan water spot yang menempel pada mobil gunakanlah pasta gigi berwarna putih. Caranya cukup mudah, basahi ujung kain lalu oleskan pasta gigi pada lap dan gosokkan secara merata dengan sedikit tekanan. 

  • Gunakan Pemoles Khusus Berbahan Polimer

Selain itu, pemoles khusus yang terbuat dari polimer juga bisa menghilangkan noda air hujan yang terlanjur ada pada bodi mobil. Setelah memastikan mobil kering, gunakanlah pemoles khusus untuk cat mobil. 

Tak hanya menghilangkan water spot, pemoles mobil yang berbahan polimer juga bisa membuat cat mobil terlihat lebih mengilap. Dengan begitu, mobil akan terlihat lebih bersih dan terawat. 

  • Gunakan Water Spot Remover

Cara paling mudah untuk menghilangkan bintik akibat air hujan adalah dengan water spot remover. Caranya, semprotkan water spot remover pada bagian yang kotor lalu gosok menggunakan kain sampai bersih. Jika sudah, gunakan lap mikrofiber kering untuk mengelap body mobil. 

  • Gunakan Sodium Cyclamate

Biang gula atau sodium cyclamate juga bisa membantu menghilangkan bintik akibat air hujan. Sodium cyclamate bisa didapat dengan mudah di toko bahan makanan dan toko kue. 

Cara membersihkan bintik akibat air hujan dengan sodium cyclamate terbilang mudah. Yaitu dengan mencampurkan ¼ bungkus sodium cyclamate dengan sedikit air panas. 

Selain itu, tambahkan pula setengah sendok makan detergen. Jika sudah, oleskan campuran tersebut pada bagian mobil yang terdapat bintik akibat air hujan. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. 

Apabila water spot masih belum hilang, ulangi langkah-langkah tadi sampai bintik akibat air hujan dapat terangkat sempurna.