Tips Mudah Cara Parkir Serong/Miring Baik Maju Maupun Mundur

Tips Mudah Cara Parkir Serong/Miring Baik Maju Maupun Mundur

Tips Mudah Cara Parkir Serong/Miring Baik Maju Maupun Mundur

Ada beberapa desain tempat parkir yang tersedia dan berlaku secara universal, dengan masing-masing tingkat tantangannya yang diberikan.

Desain tempat parkir paralel misalnya, dianggap paling menantang bahkan bagi pengendara berpengalaman sekalipun karena banyak dibutuhkan manuver. Sedangkan yang paling mudah adalah parkir serong atau disebut juga parkir miring atau angle parking.

Tipe desain parkir ini dikatakan paling mudah karena tidak dibutuhkan banyak manuver kemudi. Desain parkir ini juga paling pas untuk tempat parkir dengan traffic yang ramai.

Anda bisa memarkir kendaraan secara miring baik dengan cara maju atau mundur. Parkir dengan cara maju memudahkan Anda dalam proses parkir, parkir yang miring juga memudahkan kendaraan untuk langsung kembali ke posisi yang enak untuk keluar dari tempat parkir.

Sementara parkir mundur memiliki kelebihan kemudahan saat keluar dari tempat parkir karena tinggal langsung maju, lebih aman juga jika Anda ingin membuka bagasi untuk memasukkan barang tanpa harus mengganggu atau terganggu dengan traffic tempat parkir.

Berikut adalah tips mudah cara parkir serong bagi Anda yang masih pemula.

Cara parkir kendaraan miring maju

  1. Setelah menemukan tempat parkir yang ingin digunakan, nyalakan lampu sein Anda agar kendaraan yang ada di belakang Anda tahu Anda sedang ingin bermanuver, dan memberi tahu pengendara lain Anda akan menggunakan tempat parkir kosong tersebut
  2. Mulailah mengarahkan kemudi ke arah tempat parkir ketika kaca spion sudah sejajar dengan garis pembatas tempat parkir. Trik ini bisa jadi panduan bagi pemula namun nantinya setelah berpengalaman Anda bisa menentukan timing untuk belok secara insting
  3. Terus pertahankan posisi kemudi yang belok sampai kendaraan Anda sejajar dengan kendaraan di samping. Sesuaikan posisi mobil dengan manuver sedikit-sedikit, hati-hati jangan sampai membentur jika di depan mobil ada hambatan
  4. Pasang tuas pada posisi P, matikan mesin, kemudian sebelum meninggalkan mobil sebaiknya lipat kaca spion luar agar tidak membentur kendaraan yang ada di samping mobil Anda.

 

Cara parkir kendaraan miring mundur

  1. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein jika Anda sudah menemukan tempat parkir yang diinginkan
  2. Maju ke depan melewati tempat parkir hingga bagian belakang sejajar dengan garis tempat parkir
  3. Arahkan kemudi untuk masuk ke tempat parkir kemudian mundur ke belakang secara perlahan, biasakan mengarahkan kemudi dulu sebelum menginjak gas
  4. Gunakan kaca spion Anda untuk melihat ke bagian belakang agar tidak membentur batas atau aktifkan kamera parkir yang jadi fitur mobil Anda.
  5. Ketika ingin keluar dari tempat parkir Anda tinggal mengarahkan kemudi ke arah pintu keluar lalu injak gas dan maju ke depan, tidak harus mundur dulu seperti jika Anda parkir maju.