Tips Mudah Cara Berlatih Parkir Kendaraan Bagi Pengemudi Pemula

Tips Mudah Cara Berlatih Parkir Kendaraan Bagi Pengemudi Pemula

Tips Mudah Cara Berlatih Parkir Kendaraan Bagi Pengemudi Pemula

Memarkir Kendaraan membutuhkan ketepatan waktu dan jarak. Bahkan banyak pengemudi yang masih mengalami kesulitan saat memarkirkan mobil mereka. Terlebih lagi bagi para pemula yang baru pastinya untuk parkir kendaraan sulit dilakukan. Memarkir Kendaraan memang membutuhkan beberapa teknik dan latihan jika tidak ingin ada goresan di mobil kesayangan.

Berlatih parkir

Untuk bisa mendapatkan teknik parkir yang benar, berlatih secara terus menerus merupakan langkah yang paling tepat. Namun begitu, ada beberapa teknik dan cara yang bisa kamu lakukan agar nantinya bisa parkir dengan baik, seperti berikut ini.

  • Langkah awal adalah selalu perhatikan luas dan jarak dari tempat parkir tersebut. Bagi kamu yang pemula lebih baik cari tempat parkir yang memiliki jarak yang luas antara satu mobil dengan lainnya. Selain itu, bisa mencari tempat parkir yang sudah memberikan garis pembatas untuk memarkirkan mobil.
  • Apabila sudah menemukan tempat parkir yang tepat saat untuk memundurkan mobil secara perlahan – lahan. Pastikan jarak antara sisi belakang dan samping mobil tepat agar tidak kesulitan untuk keluar dari dalam mobil.
  • Hal yang paling penting adalah hentikan untuk selalu mengandalkan sensor parkir. Pasalnya, sensor parkir bisa saja tidak tepat saat memandu kamu. Selain itu, jangan pernah ragu dan hindari berhenti tiba – tiba dalam mencari tempat parkir.
  • Terus berlatih untuk dengan tempat parkir yang lebih kecil. Kamu juga bisa memasang kamera pada bagian belakang mobil untuk mempermudah teknik parkirnya.

Teknik parkir

Ada beberapa teknik parkir yang perlu kamu ketahui saat ingin ahli dalam hal parkir memarkir mobil, seperti berikut ini:

  1. Parkir tegak lurus

Untuk tempat parkir yang tegak lurus teknik parkir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyamakan posisi dari kaca spion mobil dengan mobil yang ada di samping kamu. Bukan hanya itu saja, pastikan juga bahwa bumper mobil dekat dengan pembatas yang ada pada tempat parkir di depannya.

  1. Parkir miring

Parkir miring mungkin menjadi salah satu cara parkir yang mudah untuk dilakukan. Bahkan parkir dengan sudut ini akan memudahkan bagi para pemula sekalipun. Maka tidak heran, banyak penyedia lahan parkir yang memanfaatkan area parkir seperti ini. Terlebih jika banyak yang kosong akan sangat memudahkan mobil untuk masuk.

Langkah dalam melakukan parkir yang satu ini adalah dengan sejajarkan arah mobil dengan garis parkir yang sudah disediakan. Setelah itu, posisikan gigi pada arah mundur serta pastikan arah mobil serong sebanyak 45 derajat.

  1. Parkir paralel

Mungkin jenis parkir yang satu ini membutuhkan teknik yang cukup rumit. Bukan hanya itu aja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari sudut belakang mobil hingga area parkirnya.

Untuk tekniknya cukup masukkan gigi mundur. Setelah itu, putar setir pada sisi arah tempat parkir. Mundur dengan perlahan dan putar kemudi dengan arah yang diinginkan. Usahakan sejajar dengan mobil yang ada pada depan dan belakang.

Itulah beberapa tips dari Bapak Samsu Alam selaku Operational Director PT. CentrePark Citra Corpora mengenai tips memarkir kendaraan untuk pengemudi pemula. Semoga bermanfaat dan terus berlatih !