Tips Melakukan Perawatan Mobil Injeksi Secara Mandiri

Tips Melakukan Perawatan Mobil Injeksi Secara Mandiri

Tips Melakukan Perawatan Mobil Injeksi Secara Mandiri

Setiap jenis mobil tentu akan memiliki cara perawatannya masing-masing termasuk untuk mobil injeksi, Bapak Endro Kiswanto selaku General Manager Operational (Jabodetabek) turut memberikan saran untuk perawatan yang harus anda lakukan. Mobil injeksi memang membutuhkan perawatan khusus dan perlu diperhatikan bagian mana saja yang harus dibersihkan ketika anda perlu melakukan pembersihan di rumah.

  • Bagian Sensor

Untuk mobil injeksi setidaknya ada 10 bagian sensor dengan fungsinya masing-masing dan penting bagi anda untuk membersihkannya secara rutin menggunakan contact cleaner. Namun perlu juga diperhatikan cara pembersihan yang tepat untuk setiap sensor karena masing-masingnya membutuhkan perlakuan yang berbeda.

  • Filter Udara dan Bensin

Bagian filter udara dan bensin harus dibersihkan secara rutin karena jika tidak maka akan mempengaruhi suplai bensin di dalam mobil anda. Pembersihan ini perlu dilakukan setiap 20.000 km dan diganti pada 40.000 km. Maka anda jangan sampai mengabaikan masalah filter udara dan bensin ini karena sangat penting untuk kenyamanan selama berkendara menggunakan mobil injeksi.

  • Bagian Busi

Pada berbagai jenis kendaraan kebersihan busi menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan termasuk untuk mobil injeksi. Anda bisa membersihkan kerak yang menempel pada ujung elektrode dengan sikat kawat. Perhatikan juga kualitas di bagian elektrodanya apakah sudah waktunya untuk diganti atau belum.

  • Melakukan Pengecekan Kondisi Aki

Perawatan aki secara rutin akan memastikan suplay tegangan ke sensor dan ECU akan berjalan secara normal serta optimal tentunya. Berbagai bagian aki harus diperhatikan dengan baik agar tidak sampai kurang atau rusak. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan penggunaan mobil masing-masing.

  • Perawatan Injektor

Untuk injektor ini memang perlu dibersihkan secara rutin meskipun tidak perlu dilakukan setiap hari, pembersihan ini akan membuat semprotan bahan bakar menjadi optimal saat digunakan. Proses pembersihan bagian injektor ini juga khusus yaitu dengan mencampurkan pembersih di dalam tangki bensin untuk mengikis kotoran dalam injektor tersebut. Penumpukan kerak pada injektor bisa disebabkan oleh kualitas bahan bakar yang digunakan sehingga putaran mesin tidak optimal dan tarikannya terhambat.

  • Menggunakan Bahan Bakar Tepat

Pemilihan bahan bakar yang digunakan tentu juga harus diperhatikan dengan baik dan pilihan terbaik adalah bahan bakar dengan kadar oktan tinggi seperti pertamax. Hal ini disebabkan untuk bahan bakar dengan oktan tinggi akan meminimalisasi adanya tumpukan kotoran yang menyebabkan kerak pada saluran bensin hingga lubang injeksi, sehingga membuat mobil anda menjadi lebih aman saat digunakan.

Pembersihan serta perawatan mesin pada mobil injeksi ini memang perlu diperhatikan dengan baik, sehingga saran dari kami ini bisa anda diaplikasikan secara optimal untuk kenyamanan serta keamanan anda dan kendaraan tentunya.