Tips Buka Puasa Ketika Masih Pulang Berkendara Di Jalan

Tips Buka Puasa Ketika Masih Pulang Berkendara Di Jalan

Tips Buka Puasa Ketika Masih Pulang Berkendara Di Jalan

Beberapa perubahan akan Anda hadapi saat menjalani puasa di bulan Ramadan. Selain pergeseran jam makan dan stamina tubuh, kondisi lalu lintas selama bulan suci pun berbeda dari biasanya. Anda akan bertemu jalan yang lebih lengang pada pagi dan siang hari, tetapi memasuki jam pulang kerja atau buka puasa, mendadak saja semua jalur jadi penuh hingga menimbulkan kemacetan. 

Pada jam-jam seperti ini, Anda tak jarang harus berbuka puasa sebelum sampai rumah. Supaya ibadah selama bulan Ramadan tetap ancar, berikut lima tips yang bisa dilakukan sebagai antisipasi kalau sewaktu-waktu Anda harus membatalkan puasa di tengah perjalanan.

  1. Menenangkan diri terlebih dulu

Tak dipungkiri kepadatan jam pulang kerja dapat membuat emosi Anda berantakan. Belum lagi kondisi fisik yang sedang lemah karena belum menerima asupan makan selepas sahur. Namun, bukan berarti Anda bisa menjadikannya sebagai kambing hitam kalau puasa mendadak tak khusyuk.

Sebelum telanjur mengambil tindakan bodoh akibat emosi tak terkendali, tenangkan diri Anda terlebih dulu. Caranya bisa dengan mendengarkan lagu-lagu slow atau simak ceramah singkat yang biasanya disiarkan di radio menjelang azan maghrib.

  1. Siapkan minuman dan makanan kecil

Apa Anda sering menghadapi kepadatan jalan sampai terpaksa berbuka puasa sebelum benar-benar pulang? Jika jawabannya iya, berarti Anda semestinya sudah tahu cara mengantisipasi kemungkinan tersebut dengan menyiapkan minuman dan makanan kecil dari rumah.

Takjil yang Anda bawa pun tak perlu berat. Sebotol air mineral dan beberapa buah kurma cukup untuk membatalkan puasa. Langkah ini setidaknya membantu tubuh mengembalikan energi yang hilang sebelum Anda melanjutkan makan besar di rumah.

  1. Membeli takjil di pinggir jalan

Sepanjang Ramadan, Anda pasti akan sering menjumpai penjual takjil yang menjajakan dagangan mereka di pinggir jalan. Keberadaan mereka akan terasa bak penyelamat saat Anda lupa atau tidak sempat mempersiapkan minuman dan makanan.

Supaya Anda tak mengantre dengan pembeli lain, sebaiknya beli takjil sebelum pergi dari tempat kerja. Dengan begitu, Anda dapat langsung minum serta menyantap makanan saat azan magrib berkumandang di tengah perjalanan pulang.

  1. Tepikan kendaraan di mushola atau masjid

Tak sempat membawa takjil atau membelinya dari pedagang di pinggir jalan? Supaya Anda buka puasa tepat waktu, carilah mushola atau masjid terdekat. Biasanya selama Ramadan, pengelola dan warga sekitar menyediakan takjil yang dibagikan secara gratis.

Selain mendapatkan takjil cuma-cuma, Anda juga bisa beribadah bersama dengan pengunjung lainnya. Gejolak emosi yang dirasakan sepanjang perjalanan dijamin akan menguap dan Anda bisa pulang tanpa melewati kemacetan.

  1. Ambil jalur alternatif atau jalan tikus

Tip terakhir yang akan membantu Anda saat harus terpaksa berbuka puasa di tengah perjalanan pulang adalah mengambil jalur alternatif atau jalan tikus. Tips ini biasanya membantu orang-orang yang ingin pulang tepat waktu.

Demikian lima tips untuk Anda bila sedang dalam perjalanan menjelang buka puasa. Semoga informasi ini membantu Anda mengukuhkan ibadah walau dihadapkan dengan situasi yang menguji kesabaran. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan agar stamina tubuh tidak menurun!