Tips Belajar Parkir Berjajar/Seri Untuk Pengemudi Pemula

Tips Belajar Parkir Berjajar/Seri Untuk Pengemudi Pemula

Tips Belajar Parkir Berjajar/Seri Untuk Pengemudi Pemula

Bagi pengemudi pemula untuk melakukan manuver parkir merupakan tantangan tersendiri, terlebih di area baru dan terbatas ruang geraknya.

Pasalnya jika salah dalam melakukan manuver parkir, resiko bukan hanya ditanggung sendiri tapi juga bisa merugikan orang lain karena berhubungan dengan kendaraan lain yang diparkir di area yang sama.

Tapi bukan berarti Anda yang saat ini masih pemula harus menghindari tempat parkir yang ramai karena tidak setiap kali Anda akan menemukan tempat parkir yang lowong dengan mudah.

Jangan khawatir, selain teknik-teknik yang sudah Anda pelajari baik secara teori maupun praktek sendiri, tips berikut ini bisa jadi pegangan Anda ketika belajar memantapkan memarkir kendaraan secara berjajar atau posisi seri.

  • Memilih zona parkir

Tips pertama yang bisa Anda pegang adalah mencari tempat parkir yang tepat. Pertama, pastikan tempat parkir yang Anda pilih tidak menyalahi aturan meski ada kendaraan lain yang juga parkir di situ.

Kedua, sesuaikan tempat parkir yang tersedia dengan ukuran mobil yang Anda bawa.  Kemudian ketiga akan lebih baik Anda mencari tempat parkir yang agak jauh dari pintu masuk tapi ada ruang yang sedikit lega daripada memaksakan masuk ke tempat parkir kosong dekat pintu tapi kanan kirinya padat.

Hal ini untuk mengurangi resiko mobil Anda yang menggores atau bahkan membentur mobil lainnya.

  • Atur posisi kaca spion

Ketika akan mengatur posisi  mobil agar bisa masuk ke tempat parkir sejajar yang pas, maksimalkan kaca spion mobil Anda baik yang ada di luar maupun dalam.

Tentu mobil dengan kamera parkir akan jauh lebih mudah dalam melihat area di sekitar mobil tapi bagi yang mobilnya tidak memiliki fitur tersebut maka kaca spion adalah andalan Anda.

Posisikan kaca spion agar bisa menangkap pantulan gambar yang memudahkan Anda untuk melihat jarak objek di sekitar mobil ketika parkir.

Berkaitan dengan kaca spion ketika Anda keluar dari mobil sebaiknya lipat kaca spion untuk mengurangi resiko benturan dengan mobil lain yang ingin keluar.

  • Pasang gigi rendah

Tips yang tidak kalah pentingnya ketika Anda ingin parkir sejajar adalah dengan memasang posisi transmisi atau gigi yang rendah.

Area tempat parkir adalah area padat kendaraan meski kesannya tidak seramai jalan raya namun tempat parkir tetap memiliki resiko kecelakaan yang cukup tinggi.

Maka dari itu pasang posisi gigi yang rendah ketika mencari tempat parkir agar Anda bisa memiliki kendali yang lebih baik terhadap kendaraan.

Jangan lupa nyalakan pula lampu sein untuk memberikan sinyal pada pengendara yang lain bahwa Anda hendak parkir. Jika ada kendaraan lain di belakang mobil Anda, tidak perlu terburu-buru karena jika terlalu buru-buru resiko Anda melakukan kesalahan akan lebih tinggi dan merugikan diri sendiri serta orang lain.

Kuncinya adalah terus berlatih maka akan semakin mahir dalam menguasai kendaraan anda untuk manuver parkir dalam segala kondisi. KEEP PRACTICE !