Tips Anti Panik Ketika Keadaan Darurat Saat Harus Ganti Ban

Tips Anti Panik Ketika Keadaan Darurat Saat Harus Ganti Ban

Tips Anti Panik Ketika Keadaan Darurat Saat Harus Ganti Ban

Aspal yang panas, tekanan ban yang tidak pas, ban yang sudah agak gundul, ada benda tajam yang terlindas oleh ban, adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan ban kendaraan Anda tiba-tiba pecah atau bocor di tengah jalan.

Bapak Endro Kiswanto selaku General Manager Operational (Jabodetabek) dari CentrePark pernah mengalami pecah ban saat sedang berkendara di jalan raya. Berdasarkan pengalaman beliau, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tidak mudah panik saat mengalami kejadian seperti ini.

·        Langsung tepikan mobil

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah segera memindahkan mobil agar tidak menghalangi lalu lintas yang lainnya. Ban yang pecah maupun bocor masih bisa dikendarai sedikit untuk meminggirkan kendaraan.  Tempatkan mobil pada posisi seaman mungkin, sebisanya di tempat yang datar, jika ada rumput tempatkan sebagian ban mobil agar berada di atas rumput fungsinya agar mobil tidak mudah melorot atau pindah tempat saat diangkat.

·        Posisi transmisi

Matikan mobil, kemudian posisikan transmisi ke netral untuk mobil manual dan P untuk mobil matik, lalu kunci dengan rem tangan. Posisi transmisi ini untuk memastikan mobil tidak mdi solusi yang lebih cepat. Perlengkapan untuk mengganti ban adalah segitiga pengaman untuk memberi tanda bagi pengendara lainnya, dongkrak untuk mengangkat mobil, kunci-kunci baut untuk melepas dan memasang ban, dan tentu saja ban mobil yang sudah diisi angin dengan tekanan yang benar.

·        Jika ada penumpang lain

Berada di pinggir jalan ada risikonya, oleh karena itu jika ada penumpang lain termasuk anak-anak sebaiknya keluar juga dari mobil dari menepi pada tempat yang lebih aman dan tidak terlalu dekat dengan lalu lintas.

·        Telepon darurat 

Jika tidak bisa mengganti ban mobil sendiri, Bapak Endro menyarankan untuk menelepon nomor panggilan bantuan yang bisa dihubungi. Jika kejadiannya di jalan tol biasanya ada nomor darurat yang bisa dihubungi untuk membantu memperbaiki mobil atau melakukan derek. Anda juga bisa mencari nomor telepon bengkel terdekat dari lokasi Anda untuk mengirim mekanik ke lokasi kejadian sehingga ban yang pecah undur  atau bergeser.

Jika perlu Anda juga bisa mengganjal mobil dengan menggunakan batu terutama jika kebetulan ban bocor/pecah di medan yang miring.

·        Siapkan perlengkapan untuk mengganti ban

Menurut pengalaman Bapak Endro, memiliki perlengkapan mengganti ban termasuk ban cadangan di dalam mobil adalah penyelamat di saat mengalami kejadian tak terduga dan darurat tersebut.

Apalagi jika kejadian dialami dari lokasi yang jauh dari bengkel tentu memiliki perlengkapan sendiri di dalam mobil bisa jaatau bocor bisa segera diganti. Selama menunggu bantuan datang hindari menunggu di dalam mobil maupun menyandar pada mobil. Sama seperti poin di atas, cari posisi menunggu yang agak jauh dari lalu lintas di jalan.