Tips Aman Parkir Mobil Paralel Di Jalan Tanjakan Atau Turunan

Tips Aman Parkir Mobil Paralel Di Jalan Tanjakan Atau Turunan

Tips Aman Parkir Mobil Paralel Di Jalan Tanjakan Atau Turunan

Teknik parkir kendaraan dengan cara paralel dikatakan adalah teknik yang paling susah. Banyak pengemudi yang bahkan sudah berpengalaman masih merasa kesulitan jika diminta untuk parkir kendaraan secara paralel.

Lantas bagaimana jika kondisi mengharuskan Anda untuk parkir paralel di jalan tanjakan atau turunan?

Tingkat kesulitan parkir jadi makin tinggi karena parkir di jalanan tanjakan atau turunan umumnya memiliki resiko yang lebih tinggi.

Jangan khawatir, asal tahu trik dan hal-hal apa saja yang harus diwaspadai, parkir paralel di jalan tanjakan maupun turunan pun  bisa Anda kuasai.

  • Hindari parkir di blind spot

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah hindari parkir di menjadi titik buta atau blind spot bagi pengendara lain. Blind spot biasanya ada di jalanan tanjakan atau turunan yang disertai dengan belokan.

Sekitar 2-3 meter dari titik tikungan adalah titik yang sulit untuk dilihat pengemudi yang melaju sebelum belokan.

Memarkir kendaraan di area tersebut akan membahayakan pengemudi lain karena mobil Anda tidak terlihat dan tidak bisa diantisipasi oleh pengemudi yang baru saja berbelok.

  • Aktifkan rem tangan

Setelah berhasil memposisikan mobil secara paralel kunci kendaraan Anda agar tidak bisa maju atau mundur dengan mengangkat tuas rem tangan.

Untuk mobil keluaran baru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur hill start assist yang membantu mobil untuk terkunci di tempatnya selagi kendaraan diparkir secara paralel.

Fitur ini juga akan membantu Anda untuk menyalakan kendaraan dan menjalankannya kembali tanpa khawatir mobil melorot ketika rem tangan sudah diangkat.

Tapi bagi yang mobilnya belum punya fitur HSA ini maka rem tangan wajib diaktifkan, jika perlu ganjal ban mobil menggunakan batu besar.

  • Posisi ban mobil miring

Selesai memarkir mobil sebaiknya arahkan ban mobil miring. Jika hidung mobil menghadap ke bawah maka arahkan ban mobil ke arah bahu jalan, sehingga jika ada pergerakan mobil akan bergerak ke arah bahu jalan, trotoar, atau halangan lain yang ada di pinggir jalan.

Jika hidung mobil menghadap ke atas, arahkan ban mobil ke arah badan jalan sehingga jika bergerak ia akan mengarah ke belakang.

Fungsi halangan yang ada di pinggir jalan adalah sebagai penahan jika mobil bergerak meski sudah ditahan dengan rem tangan atau ganjalan.

  • Posisi gigi

Jika biasanya memarkir kendaraan posisi giginya adalah N, untuk mobil yang diparkir paralel di jalan tanjakan atau turunan posisi giginya berbeda.

Untuk mobil manual, jika diparkir di jalanan yang menurun (hidung mobil menghadap ke bawah) maka sebaiknya posisikan gigi di R, sedangkan jika parkir di jalanan tanjakan posisikan gigi mobil di gigi 1.

Sedangkan untuk mobil otomatis posisikan gigi pada P. Fungsi posisi gigi ini adalah untuk mengunci roda agar tidak bergerak dengan mudah.