Tips Aman Parkir Kendaraan Saat Perayaan Malam Tahun Baru

Tips Aman Parkir Kendaraan Saat Perayaan Malam Tahun Baru

Tips Aman Parkir Kendaraan Saat Perayaan Malam Tahun Baru

Nah, siapa nih yang gak sabar mau hangout saat perayaan malam tahun baru…..

Kita punya beberapa tips aman parkir karena biasanya resiko pencurian kendaraan di malam tahun baru cukup besar meski parkir di tempat ramai sekalipun. Kejahatan pencurian kendaraan tak pandang waktu dan lokasi. Meski berada di tempat ramai yang diawasi dengan CCTV sekalipun, pencurian kendaraan bisa tetap terjadi.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, lakukan tips aman memarkir kendaraan berikut ini :

  • Pastikan Mesin Sudah Dimatikan dan Mencabut Kunci Kontak

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah lupa mencabut kunci kontak setelah mematikan mesin. Hal ini tentu memudahkan pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya karena pintu mobil juga tak terkunci. Setelah mematikan mesin, jangan lupa mencabut kunci kontak meski Anda hanya keluar mobil sebentar saja. Bila perlu, tambahkan kunci stir untuk mempersulit niat penjahat yang ingin mencuri mobil.

  • Masukkan Gigi Persneling ke Arah Berlawanan dengan Arah Parkir

Cara lainnya menghindari pencurian mobil yakni dengan memasukkan gigi persneling ke arah berlawanan dengan arah parkir kendaraan setelah mematikan mesin.

Contohnya, jika Anda memarkir kendaraan dengan posisi moncong mobil mengarah ke luar, maka masukkan gigi persneling mengarah mundur. Dengan begitu mobil pun tak mudah ditarik keluar. Untuk menambahkan pengamanan ekstra, jangan lupa aktifkan rem tangan.

  • Pasang Alarm Mobil

Salah satu cara melindungi mobil dari tindak kejahatan pencurian adalah dengan memasang alarm mobil. Berinvestasilah di fitur alarm yang canggih dan terbaru sehingga mobil lebih aman ketika diparkir di tempat ramai.

Sistem alarm ini akan membunyikan tanda peringatan ketika terjadi gangguan di mobil. Bunyi tanda alarm biasanya seperti bunyi ketika memarkirkan mobil.

  • Cabut Kabel Busi

Jika diperlukan, Anda bisa memperkuat pengamanan mobil dengan mencabut kabel busi. Hal ini bisa dilakukan bila memiliki perasaan buruk ketika hendak memarkirkan mobil.

Meski Anda hanya meninggalkan mobil barang sebentar saja, namun tak ada salahnya mencoba cara ini. Dengan mencabut kabel busi, maka mesin mobil tak akan bisa dinyalakan sehingga pencuri akan kesulitan membawa kabur mobil Anda.

Mau tak mau pencuri harus membuka kap mesin terlebih dahulu untuk menyambungkan kabel busi bila ingin menghidupkan mesin mobil kembali.

  • Pastikan Semua Jendela Tertutup Rapat

Selain pintu mobil, pastikan semua jendela juga sudah tertutup rapat. Dengan begini celah pencuri untuk membuka pintu mobil akan semakin kecil.

Tambahkan ganjalan pada ban setelah memarkir kendaraan di tempat ramai guna mempersulit pencuri mobil. Bila Anda memiliki dana lebih, cobalah memasang perangkat GPS di mobil Anda.

Dengan begitu mobil akan mengirim data koordinat posisi mobil ketika dibawa kabur oleh pencuri. Langkah pencarian mobil pun akan lebih mudah menggunakan perangkat ini. Ok guys….tetap waspada ya..Happy New Year !!!