Tips Aman Menghadapi Bencana Alam Saat Berada Di Area Parkir

Tips Aman Menghadapi Bencana Alam Saat Berada Di Area Parkir

Tips Aman Menghadapi Bencana Alam Saat Berada Di Area Parkir

Bencana alam yang sulit diprediksi kedatangannya tak jarang menciptakan kerugian material maupun immaterial dalam jumlah besar. Dalam sejumlah kesempatan, kejadian buruk tersebut bisa menimpa Anda saat berada di fasilitas publik seperti tempat parkir. Walau sukar dihindari, efek dari bencana alam dapat Anda minimalisasi dengan mitigasi yang tepat.

Dalam hal ini, Bapak Endro Kiswanto selaku ‎Deputy General Manager Operational PT. CentrePark Citra Corpora menyampaikan sejumlah langkah yang dapat diambil berdasarkan jenis bencana alam, yakni:

  • Gempa bumi

Getaran besar dan mendadak dari gempa bumi seringnya mengagetkan masyarakat dan membuat mereka panik. Namun, kepanikan tak akan menyelamatkan Anda, karena malah akan mengurangi tingkat kewaspadaan. Ketika Anda berada di tempat parkir saat gempa berlangsung, tenangkan diri sebelum keluar atau turun dari kendaraan. Hindari tempat-tempat tinggi dan cari tempat terbuka seperti lapangan atau taman. Jangan terburu-buru kembali setelah gempa mereda untuk menghindari guncangan susulan.

  • Tsunami

Sejak tsunami Aceh pada 2004, kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana tersebut meroket tajam. Tsunami biasanya muncul sekitar 40 menit setelah gempa pemicu terjadi. Bila Anda sedang berada di tempat parkir dekat pantai atau laut dan baru merasakan gempa besar, segera bawa kendaraan ke tempat yang lebih tinggi kalau memungkinkan. Pastikan juga Anda mengikuti instruksi dari kepala daerah sekitar supaya tidak menimbulkan masalah atau kekacauan.

  • Gunung meletus

Gunung api biasanya akan mendapatkan status Waspada, Siap, dan Awas sebelum mengeluarkan letusan. Dampaknya tak hanya dirasakan warga sekitar gunung, tetapi juga yang tinggal beberapa puluh atau ratus kilometer dari lokasi kejadian. Sebagai bentuk antisipasi, bawa masker, senter, topi, dan obat-obatan di mobil kalau wilayah Anda terkena abu vulkanik. Tindakan ini akan membantu Anda saat akan mengakses tempat parkir dan menempuh perjalanan.

  • Banjir

Ingat banjir tinggi yang melanda tempat parkir pusat perbelanjaan di Jakarta beberapa tahun lalu? Agar Anda tidak mengalami hal serupa, PT. CentrePark Citra Corpora selaku pengelola parkir terpercaya sejak 2009 menganjurkan untuk senantiasa memarkirkan kendaraan di tempat yang lebih tinggi. Namun, kalau mobil atau motor Anda sudah kadung terjebak banjir, jangan paksakan membawanya. Selamatkan diri Anda ke tempat lebih aman dan tunggu sampai pihak berwenang datang.

  • Angin topan

Beberapa tahun terakhir, fenomena angin topan hingga puting beliung semakin sering terjadi di wilayah perkotaan. Jika Anda sedang berada di tempat parkir, sebaiknya segera cari tempat dengan tembok kuat untuk menghindari sapuan angin. Pastikan juga kendaraan Anda ditempatkan pada posisi yang tidak terekspos langsung dengan bukaan, karena hal tersebut akan meningkatkan kerusakan atau terbawa angin topan.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi Anda! jangan lupa di share ya 🙂