Tips Aman dan Tepat Parkir “On The Street” 

Tips Aman dan Tepat Parkir “On The Street” 

Tips Aman dan Tepat Parkir “On The Street” 

Saat ini fasilitas transportasi umum sudah semakin lebih baik dengan adanya MRT dan LRT, namun bagi sebagian orang masih lebih nyaman jika berkendara dengan kendaraan pribadi.

Namun keberadaan tempat parkir di Indonesia saat ini belum terpenuhi dengan baik. Hal ini terbukti dari banyaknya lahan parkir liar yang berada di jalan raya utama. Bagi sebagian orang, hal tersebut tentunya sangat menguntungkan.

Akan tetapi bagi para pengguna jalan lainnya tentu saja hal tersebut juga terasa cukup merugikan karena menggunakan lahan yang tidak seharusnya peruntukkan parkir.

Tidak hanya itu saja, beberapa tempat parkir liar juga memberikan tarif parkir tinggi. Hal ini umumnya terjadi apabila di kawasan tersebut sulit ditemukan tempat yang dapat dijadikan sebagai lahan parkir.

Karena itulah bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi seperti halnya mobil, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu sebelum pada akhirnya menggunakan fasilitas umum dari tempat parkir tersebut.

1.       Memilih lahan parkir yang tepat

Lahan parkir resmi adalah tempat parkir yang memiliki ijin untuk parkir kendaraan dalam area tertenty. Dengan kata lain, tempat parkir tersebut tidak merugikan para pengguna jalan secara umum. Hal ini berkaitan dengan banyaknya bahu jalan yang digunakan sebagai lahan parkir. Selain merugikan para pengguna jalan lainnya, sistem parkir ini juga sangat merugikan Anda selaku pengguna yang tentunya tidak dapat menyimpan kendaraan di tempat yang lebih aman.

2.       Pencarian lahan parkir yang telah disediakan

Cara lain yang juga sebaiknya Anda perhatikan adalah memilih tempat parkir di kawasan yang memang secara khusus telah disediakan. Banyak orang yang merasa enggan untuk memilih lahan yang satu ini karena berada pada lokasi yang cukup jauh dibandingkan dengan tempat parkir liar.

Meskipun demikian, lahan parkir tersebut tentunya jauh lebih aman dan nyaman, bahkan Anda yang menggunakan lahan parkir ini tentunya akan terbebas dari denda atau sanksi.

3.       Lahan parkir yang dianjurkan pemerintah

Tips lainnya, adalah memilih lahan parkir yang memang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam beberapa kasus di lokasi tertentu, pemerintah memberikan kebebasan bagi siapa pun. Untuk melakukan parkir di bagian bahu jalan. Namun hal ini umumnya hanya berlaku pada waktu-waktu tertentu saja.

Seperti halnya ketika ada event besar, atau bahkan beberapa lahan khusus yang dengan sengaja ditetapkan sebagai tempat parkir sementara oleh pihak pemerintah daerah setempat dalam periode waktu terbatas.