Tips Aman dan Nyaman Parkir Kendaraan Saat Musim Penghujan

Tips Aman dan Nyaman Parkir Kendaraan Saat Musim Penghujan

Tips Aman dan Nyaman Parkir Kendaraan Saat Musim Penghujan

Untuk kebutuhan pemilik kendaraan saat musim hujan, banyak hal harus lebih diperhatikan selain perawatan intensif. Walaupun memilih tempat parkir sepertinya simpel, banyak orang merugi karena tidak hati – hati. Jika salah pilih di tempat yang pengelola parkir kurang bagus, Anda bisa tidak nyaman meninggalkan kendaraan di situ.

Mari lihat kasus parkir kebanjiran di pinggir jalan zona pertokoan area Jakarta. Karena pengelola parkir di situ tidak baik, tempat parkir kurang perawatan dan sering tergenang air. Hal ini membuat Anda kesusahan menuju kendaraan dan bahkan ada air yang masuk. Walaupun genangan tidak lebih dari 10 cm, hal ini tetap menjengkelkan.

Untuk menghindari masalah seperti ini, mari bahas tips parkir kendaraan saat musim hujan yang dapat membantu Anda. Berikut adalah bahasannya:

  • Parkir Dalam Bangunan Lebih Baik

Saat musim penghujan, hal yang paling pas dipilih adalah parkir dalam gedung. Tempat seperti pusat perbelanjaan, hotel dan kantor bisa jadi tempat berlindung. Beberapa tempat memang membatasi akses parkir untuk orang umum. Contoh saja hotel. Jika Anda bukan tamu yang menginap di situ, Anda tidak bisa akses parkir dalam gedung.

Walaupun begitu, tempat seperti mall dan pusat perbelanjaan masih membuka parkir walaupun Anda hanya mengunjungi sebentar. Walaupun berbayar, Anda tetap lebih aman dan nyaman menitipkan kendaraan di area parkir dalam bangunan tersebut.

  • Cari Tempat Parkir dengan Operator

Tempat yang paling pas untuk parkir adalah area dengan operator parkir. Jika Anda melihat ada gate dan petugas di area parkir tersebut, biasanya pilihan parkir di situ lebih baik. Hal seperti keamanan, pelayanan dan juga area yang terjaga adalah alasan pilih parkir di tempat beroperator seperti area parkir yang dikelola PT. Centrepark Citra Corpora.

  • Pilih Tempat Terbuka Jika Parkir Outdoor, jangan dekat pohon tinggi atau baliho besar

Banyak tempat parkir yang dihiasi pohon – pohon agar menjadi payung alami dari panas matahari. Tapi saat hujan, pohon ini bisa jadi musuh. Daun yang rontok karena hujan deras bisa menempel di atap kendaraan Anda. Kejadian seperti ini membuat tampilan mobil Anda kotor. 

Saat hujan deras dengan angin kencang, pohon rimbun bisa jadi sumber bahaya. Semakin besar pohon, makin tua umurnya. Pada pohon tua, ranting yang lapuk pasti ada banyak. Karena terkena hujan dan angin kencang, ranting lapuk bisa saja patah dan menimpa kendaraan di bawahnya. Daripada mengalami musibah ini, pastikan parkir di tempat terbuka yang jauh dari pohon – pohon saat musim hujan.

  • Hindari Tempat Dekat Selokan dan Area Drain

Jika parkir di area luar, Anda lebih baik hindari area dekat saluran air. Selokan dan drain adalah contoh area yang harus diperhatikan. Di Jakarta, area tempat air ini sering meluap saat hujan deras. Jika sudah begitu, Anda akan sulit mengakses kendaraan yang Anda parkir.

Saluran air juga banyak berisi kotoran. Hal seperti bau tidak sedap dan juga sampah bisa ikut muncul saat air meluap. Jika tempat parkir dikelola baik dan rajin dibersihkan saluran airnya, masalah itu bisa dihindari. Tapi Anda tidak bisa langsung tahu tempat mana yang sering dirawat dan dibersihkan. Daripada mengambil risiko, lebih baik hindari tempat dekat saluran air.

Sekian bahasan tentang tips – tips parkir kendaraan saat musim hujan. Selain tips di atas, Anda juga lebih baik cari tempat dengan pengelola parkir yang baik. Beberapa gedung terkadang menggunakan jasa perusahaan parkir professional seperti CentrePark untuk mengelola area parkir. Tempat yang dikelola pihak profesional ini tentu lebih baik jadi tempat meninggalkan kendaraan. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga kontennya berguna bagi Anda.