Tip Parkir Mobil Jika Garasi Sempit Supaya Gak Stress

Tip Parkir Mobil Jika Garasi Sempit Supaya Gak Stress

Tip Parkir Mobil Jika Garasi Sempit Supaya Gak Stress

Siapa nih yang masih suka grogi kalau parkir mobil di area sempit? Misal di parkir mall yang area parkir terbatas atau garasi mobil rumah yang sempit.

Parkir mobil buat pemula kadang terasa menyusahkan dibandingkan mengendarainya. Tingkat kesulitan bahkan dapat bertambah karena lokasi parkir yang tak memungkinkan. Salah satunya adalah garasi yang sempit atau hanya muat untuk kendaraan yang lebih kecil.

Kesalahan parkir yang berulang kali berpotensi membuat Anda tertekan atau stres. Namun, Anda juga tak bisa memarkirkan mobil di tempat lain karena berisiko diderek, dirusak, atau dicuri. Lantas, adakah cara parkir mobil di garasi sempit yang aman dan mudah? Simak tip lengkapnya berikut ini!

  • Jangan ragu mengikuti insting

Ada kalanya insting diremehkan karena dianggap kurang logis. Kenyataannya, insting akan membantu Anda dalam beberapa hal, termasuk memarkirkan mobil. Insting yang dipadukan dengan kepekaan akan memandu Anda memperkirakan jarak bodi mobil dari samping kanan dan kiri maupun depan dan belakang. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau garasi sempit yang dituju.

  • Mewaspadai kondisi sekitar rumah

Salah satu tip parkir kendaraan yang masih diabaikan adalah mewaspadai kondisi sekitar rumah. Sebelum membawa mobil ke garasi, perhatikan apakah ada benda-benda di sekitar garasi yang berisiko mengganggu proses parkir. Jika ada yang menghalangi, misalnya tong sampah atau vas bunga, pindahkan terlebih dulu agar tidak tersenggol mobil.

  • Matikan audio, lalu buka jendela

Mendengarkan siaran radio atau lagu-lagu favorit memang menyenangkan untuk menemani perjalanan. Namun, ada baiknya Anda mematikan sumber audio sebelum memarkirkan mobil di garasi sempit. Kemudian, buka jendela untuk memudahkan Anda fokus pada lokasi parkir tanpa ada gangguan dari sumber lain.

  • Membuat parking target

Parking target adalah pembatas yang disusun untuk memandu Anda menempatkan mobil di garasi. Anda hanya perlu menempatkan alat tersebut di bawah ban atau jalur ban mobil. Benda lain seperti balok kayu pun bisa Anda manfaatkan sebagai parking target. Langkah ini memang merepotkan bila dibandingkan tip lain, tetapi cukup ampuh membantu Anda memasukkan mobil ke garasi.

  • Maksimalkan pemakaian kaca spion

Kaca spion adalah bagian mobil yang akan membantu Anda saat akan parkir. Melalui kaca spion, Anda dapat memperkirakan jarak jangkau antara mobil dengan garasi. Anda dapat mengeluarkan kepala untuk memastikan jarak dan mengurangi kemungkinan gesekan. Pada mobil-mobil keluaran terbaru sudah ada kamera belakang dan sensor yang memudahkan proses parkir secara akurat.

  • Memasang kamera belakang

Menyambung dari poin sebelumnya, Anda dapat memasang kamera belakang sendiri kalau mobil belum dilengkapi dengan fitur tersebut. Anda mungkin akan tak terbiasa pada awalnya, tetapi kamera dianggap lebih praktis, sebab Anda dapat memantau keadaan sekitar tanpa harus mengeluarkan kepala dari jendela dan bolak-balik melihat kaca spion.

  • Beri jarak kanan dan kiri 

Saking fokusnya menjaga jarak, beberapa pengendara sampai lupa memperhitungkan jarak kanan dan kiri pada mobil. Akibatnya, mereka kesulitan membuka pintu gara-gara jaraknya terlampau sempit atau malah tak sengaja menggores bodi mobil. Jadi, pastikan Anda mengingat jarak di sisi kanan dan kiri kalau tak mau mengulang proses parkir.

  • Mengamankan mobil di garasi

Memasang rem tangan di posisi datar adalah salah satu cara mengamankan mobil yang paling umum. Anda bisa tambahkan dengan memposisikan sistem transmisi pada gigi mundur bila garasi ada di turunan atau posisi gigi satu bila garasi ada di tanjakan. Langkah tersebut bertujuan supaya mobil tak bergerak sendiri.

Semoga informasi ini membantu Anda parkir mobil di garasi sempit! Jangan stress lagi ya guys…