Tip Agar Wanita Tetap Aman Berkendara Meski Pergi Sendirian

Tip Agar Wanita Tetap Aman Berkendara Meski Pergi Sendirian

Tip Agar Wanita Tetap Aman Berkendara Meski Pergi Sendirian

Di era modern seperti sekarang, wanita berkendara sendiri sudah menjadi hal biasa. Di sisi lain, Anda tetap patut ekstra waspada bila memang diharuskan membawa mobil tanpa teman atau pendamping.

Menurut Bapak Endro Kiswanto, selaku Deputy GM Operational PT Centrepark Citra Corpora memberikan beberapa tips untuk kaum Hawa yang hendak menempuh perjalanan seorang diri:

  1. Hindari daerah yang kurang dikenali

Mengambil jalan pintas karena rute utama sedang macet parah memang tidak salah. Namun, apa Anda benar-benar mengenali daerah tersebut? Jika Anda masih belum familier dan kawasan tersebut relatif sepi, sebaiknya Anda pilih jalan alternatif yang lebih dikenali. Apalagi kalau Anda tidak didampingi teman atau keluarga yang dapat membantu kalau seandainya tersesat.

  1. Menyetel radio dalam volume normal

Untuk mengusir kebosanan selama berkendara, menyetel radio atau lagu menjadi solusi yang sering kali diambil para pengemudi. Anda juga tidak akan cepat mengantuk mengingat tidak ada teman yang dapat diajak mengobrol. Di sisi lain, pastikan volume radio atau lagu yang diputar tak terlalu keras supaya Anda masih bisa mendengar suara di luar kendaraan.

  1. Kabari rencana keberangkatan Anda

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, kabari keluarga, teman, atau psangan perihal rencana keberangkatan Anda. Berikan juga informasi seputar lokasi tujuan, waktu berangkat dan estimasi sampai di tempat, dan nomor-nomor yang dapat dihubungi. Dengan begitu, mereka juga akan ikut waspada dan tidak mencemaskan Anda yang bepergian sendiri.

  1. Jangan beri tumpangan sembarangan

Hitchhiking atau memberi tumpangan pada orang asing mungkin belum terlalu umum di Indonesia. Selain itu, hal tersebut cenderung riskan mengingat Anda tak mengenal penumpang tersebut. Tak sedikit kasus kriminal yang muncul akibat pengendara yang memberi tumpangan pada hitchikers. Sebaiknya Anda tak serta-merta mempersilakan orang asing yang baru dijumpai masuk ke mobil.

Kemudian, supaya perjalanan Anda nyaman dan selamat walau sendirian, pastikan mobil dalam kondisi prima. Bawa serta perkakas yang dapat membantu Anda sebagai bentuk antisipasi kalau-kalau di tengah perjalanan Anda menghadapi kecelakaan atau masalah.