Tindakan Tepat Yang Dilakukan Saat Mobil Mogok di Jalan

Tindakan Tepat Yang Dilakukan Saat Mobil Mogok di Jalan

Tindakan Yang Dilakukan Saat Mobil Mogok Di Jalan

Pada saat Anda sedang di jalan selain menyetir, mogok adalah satu hal yang sangat menyulitkan Anda. Apalagi jika Anda memang tidak begitu paham dengan mobil dan daerah tempat mogok jauh dari bengkel. Lalu tindakan apa yang harus Anda lakukan?

Menurut Bapak Endro Kiswanto selaku Direktur Operasional PT. CentrePark Citra Corpora memberikan beberapa tips yang dapat anda lakukan, sebagai berikut:

  • Jangan Pernah panik

Anda sebaiknya harus tetap rileks dan harus tetap tenang. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengetahui jalan yang terbaik untuk bisa menemukan solusi mobil Anda yang sedang dalam keadaan mogok.

  • Ada baiknya segera menepi dan jika perlu dorong mobil Anda ke pinggir jalan

Jika mobil Anda mengalami banyak masalah, maka usahakan untuk sesegera mungkin menepi dan usahakan mendorong mobil jika perlu di bagian bahu jalan yang aman. Kemudian Anda bisa mencari tempat yang rata untuk Anda sandarkan mobil Anda

  • Anda Bisa Mengalakan lampu hazard

Jika Anda rasa posisi dari mobil sudah dalam keadaan yang aman, maka sesegera mungkin nyalakan lampu hazard. Dimana lampu ini memiliki fungsi dan sebagai salah satu tanda jika kendaraan yang ada gunakan dalam keadaan darurat. Selain itu, fungsi lain dari lampu ini adalah agar Anda pengendara lain mengetahui keberadaan Anda.

  • Anda bisa menurunkan semua penumpang

Anda bisa meminta mereka untuk menunggu tempat yang dianggap lebih aman. Dan sebisa mungkin minta mereka untuk tidak menunggu di samping atau di depan dan juga di belakang kendaraan. Karena akan berbahaya jika mungkin ada kendaraan yang tiba – tiba menabrak.

  • Anda bisa memeriksa darimana sumber kerusakan

Jika memang posisi dirasa sangat aman, Anda sudah mulai bisa memeriksa lampu indikator dan komponen yang biasanya salah satu penyebab mobil Anda mengalami mogok. Lampu indikator ini akan memberikan tanda komponen mobil yang mengalami kerusakan atau masalah. Misalnya adalah jika simbolnya adalah air radiator yang berwarna merah maka ini salah satu tanda jika air radiator Anda sudah habis dan mungkin ada komponen yang abnormal.

  • Mencari Bantuan

Jika Anda merasa kerusakan yang Anda alami tidak bisa Anda atasi maka Anda harus memanggil bantuan ke bengkel atau jasa derek untuk membawa mobil Anda ke bengkel terdekat.