Teknik Yang Aman Mengemudi Mobil Di Tanjakan Dan Turunan

Teknik Yang Aman Mengemudi Mobil Di Tanjakan Dan Turunan

Teknik Yang Aman Mengemudi Mobil Di Tanjakan Dan Turunan

Terutama bagi para pengemudi yang masih pemula, biasanya jalanan tanjakan atau turunan adalah hal yang cukup menakutkan karena punya resiko yang cukup besar. Tidak perlu khawatir, cara mengemudi mobil di tanjakan dan turunan bisa Anda lakukan dengan lebih aman tanpa menggunakan teknik yang rumit dan melelahkan.

Dengan memperbanyak latihan dan pengalaman mengemudi, bahkan jalanan tanjakan dan turunan pun bisa Anda taklukan tanpa ragu. Menurut Bapak Henry King selaku Vice President Smartparking & Technology berikut adalah teknik aman mengemudikan mobil di jalanan tanjakan dan turunan. 

  • Tanjakan untuk mobil manual 

Untuk mobil manual, salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh pengemudi adalah menggunakan setengah kopling dengan maksud agar mobil bisa langsung jalan ketika terjebak macet di jalanan tanjakan. Padahal, hal ini akan membuat kopling mobil cepat aus dan bisa menimbulkan masalah yang lebih besar pada transmisi mobil Anda. Ketika jalan menanjak, gunakan gigi yang rendah atau gigi 1 untuk memberikan tenaga pada mobil agar bisa naik secara konstan.

Kemudian sebaiknya gunakan rem tangan yang meski lebih cepat ketimbang main kopling, namun lebih aman dari segi menahan kendaraan agar tidak merosot dan juga memelihara kesehatan transmisi mobil. Mobil yang memainkan kopling ketika di jalan tanjakan biasanya akan menimbulkan bau terbakar yang menyengat.

  • Tanjakan untuk mobil matik 

Sama halnya dengan mobil manual, untuk mobil matik pun sebaiknya jalan di tanjakan dengan posisi gigi yang rendah. Kemudian jika berhenti di tanjakan posisikan transmisi pada P kemudian aktifkan rem tangan. Jika transmisi tidak di posisi P, transmisi bisa terlalu panas sehingga kinerja transmisi pun jadi tidak optimal. Pun demikian jika mobil matik Anda sudah punya fitur HSA atau Hill Start Assist di mana fitur ini fungsinya adalah menahan agar mobil tidak merosot begitu rem tangan dilepaskan dan mobil dijalankan. Karena fungsinya yang hanya aktif sesaat, ketika menyalakan fungsi HSA maka rem tangan harus tetap aktif.

  • Ketika mengemudi di jalan turunan

Kesalahan umum yang biasanya dilakukan pengemudi ketika di jalan turunan adalah memposisikan gigi pada posisi netral, dengan maksud hemat bahan bakar. Kebiasaan ini tidak aman dan bisa berbahaya jika kurang waspada. Mobil keluaran tahun baru sudah menggunakan sistem injeksi yang secara otomatis akan mengurangi penggunaan bahan bakar ketika melaju di jalanan turunan, jadi pengemudi tidak perlu membahayakan keselamatan demi irit bahan bakar.

Untuk mobil matik maupun manual, gigi yang digunakan untuk jalan turunan sebaiknya di 1 atau 2 saja sehingga ada tambahan penahan mesin untuk mengurangi momentum deselerasi, jika turunan cukup tajam mobil matik bisa menggunakan gigi L.