4 (Empat) Teknik Pengereman Untuk Mengurangi Laju Kendaraan

4 (Empat) Teknik Pengereman Untuk Mengurangi Laju Kendaraan

4 (Empat) Teknik Pengereman Untuk Mengurangi Laju Kendaraan

Setiap pengendara perlu mengetahui tips memperlambat mobil saat melaju kencang. Dalam hal ini, Anda harus menjadikan pengereman sebagai prioritas. Pasalnya, kemampuan tersebut menjadi penentu Anda menaikkan maupun menurunkan laju kendaraan.

Teknik pengereman yang Anda praktikan perlu disesuaikan juga dengan kondisi jalanan. Bapak Fathony selaku Deputy General Manager Operational PT. CentrePark Citra Corpora mengatakan ada empat teknik rem yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kecepatan berkendara sesuai jenis jalan.

  1. Jalan menurun

Kecepatan mobil saat bertemu jalan menurun cenderung sulit dikendalikan dibandingkan kondisi jalan lainnya. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan engine brake (rem mesin) untuk mobil dengan transmisi manual lewat pemindahan gigi transmisi secara berurut ke posisi terendah. Sementara untuk transmisi matik dilakukan dengan mengubah tuas transmisi ke posisi overdrive. Dengan begitu, kecepatan mobil bisa tertahan. Teknik ini akan efektif saat Anda menghadapi turunan puluhan kilometer.

  1. Jalan menikung

Ketika melaju di tikungan, mobil akan mengalami gaya sentrifugal yang membuatnya terdorong keluar jalur atau jalan. Gaya ini kerap membingungkan para pengemudi, apalagi kalau tidak diimbangi grip ban optimal. Akibatnya, mobil rentan tergelincir. Untuk melambatkan kecepatannya, kurangi potensi gaya sentrifugal sebelum Anda berhadapan dengan tikungan. Jadi, laju mobil akan cukup terkendali saat Anda berada di tikungan dan dapat mengendarai mobil dengan kecepatan stabil.

  1. Panic braking

Tips memperlambat mobil saat melaju kencang dengan panic braking diaplikasikan saat Anda harus menghentikan kendaraan saat ada orang atau hewan yang melintas atau menikung mendadak. Metode yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko kecelakaan adalah dengan memakai teknik pulse atau threshold bila mobil sudah dilengkapi ABS dan EBD. Kedua sistem tersebut terdiri atas pengereman dan pelepasan selama beberapa kali sampai Anda menemukan kecepatan yang sesuai.

  1. Jalan licin

Para pengendara pasti was-was saat bertemu jalan licin, terutama di tengah hujan deras. Pengereman pada kondisi jalan ini sebenarnya tidak berbeda dengan saat mengurangi laju di jalan menikung atau menurun. Anda dapat menurunkan kecepatan sebelum menyusuri jalan licin dan atur menggunakan rem mesin bila jarak tempuhnya cukup panjang. Jika Anda baru bisa mengerem di tengah jalan, pastikan Anda melakukannya secara perlahan supaya mobil yang dibawa tidak mengalami pergeseran tempat.

Dari keempat teknik di atas, dapat disimpulkan bahwa mengurangi laju kendaraan berkaitan dengan cara Anda mengendalikan kecepatan mobil. Bapak Henry King juga menyarankan setiap pengendara untuk memeriksa rem dan komponen kendaraan secara rutin. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan saat mempraktikan tips memperlambat mobil saat melaju kencang. 

Hati-hari berkendara!