Teamwork, Ajang Mewujudkan Ekspektasi Bersama Dalam Team

Teamwork, Ajang Mewujudkan Ekspektasi Bersama Dalam Team

Teamwork, Ajang Mewujudkan Ekspektasi Bersama Dalam Team

“Talent wins games, but teamwork and intelligence win championships” -Michael Jordan

Salah satu tindakan jitu CentrePark agar menjadi pilihan tepat bagi mitra pemilik lahan yaitu dengan menunjukkan teamwork terbaik yang dimilikinya. Hal ini tercermin melalui pengelolaan teamwork terbaik dengan memperhatikan beberapa hal penting yang menjadi kunci utamanya, seperti :

  • Menunjukkan komitmen penuh 

Dalam teamwork, semua anggota team harus memiliki komitmen penuh untuk bersama-sama mencapai tujuan perusahaan. Komitmen harus diterapkan secara berkesinambungan hingga hasil akhir dapat dicapai oleh team.

Dengan kata lain, komitmen tidak hanya dipegang oleh satu atau dua orang saja, tetapi juga diterapkan dan dimiliki oleh setiap anggota team. Dengan adanya komitmen tinggi, tentu setiap anggota tim akan memberikan kontribusi terbaik untuk kemajuan team yang dimilikinya dan tidak terkecuali untuk pencapaian target perusahaan.

  • Menunjukkan sikap empati dan saling mendengarkan 

Sikap empati ditunjukkan oleh anggota team dengan saling mendengarkan satu dengan yang lainnya. Pasalnya dengan mendengarkan keluhan atau saran masukan yang diberikan anggota lain, tentunya dapat menghadirkan komunikasi yang baik di antara sesamanya.

Dengan kata lain, setiap anggota team dapat menerima dan mempertimbangkan apa yang disampaikan dahulu.  Jika memang hal tersebut dapat memotivasi dirinya dan menjadikan performa kerja yang lebih baik, tentu hal tersebut harus intropeksi dan memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Selain itu, sikap mendengarkan juga dapat menjadi sarana tepat untuk melakukan sharing informasi atau saling berbagi ilmu antar anggota. Dengan demikian setiap anggota tentunya akan merasa dibutuhkan antara satu dengan lain dan  meningkatkan kinerja pelayanan atau bahkan dalam mencapai target team yang telah ditetapkan.

  • Saling menghormati untuk menghadirkan apresiasi

Dalam hal ini setiap pekerja saling menghormati ide, saran, atau bahkan tindakan kerja yang dilakukan oleh rekan kerja satu team dengannya. Sehingga anggota team merasa dihargai dan jauh lebih bersemangat untuk melakukan tugas dan tanggung jawab pekerjaan lebih baik lagi.

Hal ini selain berperan penting dalam peningkatan kerja perseorangan juga dapat mempengaruhi teamwork. Karena dengan kontribusi terbaik yang ditunjukkan setiap anggotanya tentu teamwork tersebut pun dapat menyelesaikan apa yang menjadi target sebuah tim.

  • Fokus pada hal positif

Jika ada satu anggota team yang selalu mengeluhkan hal negatif dan berkeluh kesah, tentu akan mempengaruhi anggota team lainnya. Sebagai leader hal ini harus diberi perhatian khusus, karena kinerja team pasti akan terganggu.

Ajak bicara secara personal anggota team tersebut, tanyakan langsung apa yang menjadi permasalahannya. Berikan motivasi atau pengarahan akan sikap yang lebih positif terhadap anggota team satu dengan yang lainnya. Setelah diberi pengarahan dan peringatan, namun jika tidak juga berubah maka saatnya anggota team tersebut diganti karena pengaruh buruk bagi anggota  lainnya.

Demikianlah kiranya beberapa hal penting yang menjadi kunci dasar dari kekompakan team CentrePark. Yuk, kita saling mendukung anggota team satu dengan yang lainnya. Semoga bermanfaat…