Tak Perlu Panik Saat Mobil Anda Mogok, Segera Cek 5 Hal Ini!

Tak Perlu Panik Saat Mobil Anda Mogok, Segera Cek 5 Hal Ini!

Tak Perlu Panik Saat Mobil Anda Mogok, Segera Cek 5 Hal Ini!

Mobil tiba-tiba mogok atau berhenti melaju saat berkendara memang bisa membuat panik dan repot. Akan tetapi, hal ini tak perlu jadi mimpi buruk Anda, kok.

Sebab, ada beberapa hal yang bisa langsung Anda pastikan terlebih dahulu jika mobil tiba-tiba mogok agar Anda tahu apa penyebabnya, sambil menunggu mekanik dari bengkel datang membantu Anda.

Coba cek beberapa hal terlebih dahulu dibawah ini :

1. Kopling aus bisa jadi penyebab mengapa mobil Anda tiba-tiba mogok. Hal ini sebenarnya bisa diketahui langsung ketika mesin kendaraan tiba-tiba jadi “ngos-ngosan”, alias tidak mampu melaju dalam kecepatan seperti biasanya. Bahkan, bisa jadi tenaga habis ketika di tanjakan.

Masalah ini juga bisa diketahui dari munculnya bau tak sedap yang datang dari bagian dalam atau bawah mobil karena kopling yang hangus. Kondisi ini harus segera ditangani dan Anda bisa percayakan pada bengkel.

2. Overheat juga merupakan salah satu penyebab umum mesin mogok, yaitu kondisi di mana mesin jadi terlalu panas. Penyebab overheat juga beragam, seperti air radiator yang habis atau kurang, baik itu karena adanya kebocoran atau lupa diisi.

Karena itu, cek juga beberapa komponen lain seperti selang radiator serta sistem pendingin mesin lainnya. Untuk mencegah overheat lagi di masa depan, Anda bisa mulai lakukan penggantian selang secara teratur dan berkala demi menghindari risiko kebocoran air radiator.

3. Begitu kendaraan Anda mogok, coba tunggu dulu sampai kondisi mesinnya dingin. Kemudian, cek indikator oli kendaraan. Sebab, oli mesin yang kurang bisa jadi penyebab mengapa kendaraan Anda mogok di tengah jalan.

Untuk memastikannya, Anda bisa buka kap mesin yang ada di bagian depan, kemudian lepaskan batang oli mesin. Lalu cek apakah oli kendaraan memang sudah terlalu kering dan sudah perlu ditambah atau tidak.

4. Tahukah Anda kalau masalah pada switch starter juga bisa jadi penyebab mobil Anda mogok di tengah jalan? Walaupun sering disepelekan, sebenarnya bagian ini juga memainkan peran penting dalam menunjang kinerja mobil. Karena itu, periksa dulu apakah switch starter kendaraan Anda sudah berfungsi dengan baik atau belum.

Apalagi, karena switch starter paling sering dipakai ketika Anda akan menyalakan maupun mematikan mesin kendaraan, komponen ini jadi berisiko tak kaalh besar untuk mengalami kerusakan.

5. Satu lagi bagian lain yang sering lupa dicek ketika mobil mogok, yaitu sekring mobil. Karena itu, periksa terlebih dahulu kotak sekring alias sekring box yang ada di bawah kap mesin dan kemudi secara keseluruhan.

Pastikan bahwa semua komponen di dalamnya masih berfungsi dengan baik dan tidak ada yang meleleh atau putus.

Kalau Anda menemukan kerusakan, segera minta penggantian untuk komponen tersebut agar tidak ada masalah mobil mogok karena penyebab yang sama. Semoga tips kami bermanfaat dan silahkan di share ke teman-teman yang membutuhkan.