STNK Hilang? Berikut Syarat Dan Cara Mengurus STNK Baru Tanpa Calo

STNK Hilang? Berikut Syarat Dan Cara Mengurus STNK Baru Tanpa Calo

STNK Hilang? Berikut Syarat Dan Cara Mengurus STNK Baru Tanpa Calo

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan adalah bukti yang menyatakan bahwa sebuah kendaraan bermotor sah untuk digunakan dan telah dibayarkan pajaknya. STNK adalah surat yang wajib dibawa pengendara ketika menggunakan kendaraan dan harus selalu siap untuk ditunjukkan apabila diminta.

Berdasarkan peraturan UU LLAJ No. 22 Tahun 2009 pasal 288 ayat 1, pengendara yang tidak memiliki STNK bisa dikenakan hukuman pidana maksimal selama 2 bulan atau denda paling banyak adalah Rp 500.000.

Jadi bagi Anda yang STNK-nya hilang jangan menunggu ditilang namun sebaiknya segera diurus untuk mendapatkan gantinya. Bagaimana caranya?

Syarat yang diperlukan untuk urus STNK hilang

Anda bisa mengurus STNK yang hilang untuk membuat STNK yang baru di kantor SAMSAT setempat. Sebaiknya lakukan pengurusan sendiri karena jika menggunakan jasa calo biaya yang Anda keluarkan bisa berlipat-lipat besarnya sementara jika mengurus sendiri biayanya tidak sampai Rp. 100.000.

Pengurusan STNK di SAMSAT juga saat ini sudah jauh lebih cepat sehingga Anda tidak butuh waktu lama untuk mengurus STNK hilang. Berikut adalah syarat yang bisa disiapkan dulu sebelumnya:

  1. KTP pemilik kendaraan asli dan fotokopi
  2. Fotokopi STNK yang hilang
  3. Surat keterangan STNK hilang dari Polsek atau Polres setempat
  4. BPKB asli dan fotokopi.

Sedangkan berkas berikut adalah syarat bagi yang tidak memiliki fotokopi STNK atau yang belum memiliki BPKB:

  1. Surat pengantar dari dealer tempat beli kendaraan
  2. KTP asli dan fotokopi dari pemilik kendaraan
  3. Surat keterangan hilang STNK di Polsek atau Polres setempat
  4. Legalisir surat pengantar dealer di kantor polisi.

Mekanisme mengurus STNK hilang

Langkah pertama adalah mendatangi kantor polisi setempat untuk mendapatkan surat keterangan hilang STNK yang nantinya wajib dibawa saat Anda mengurus STNK baru di kantor SAMSAT. Setelah dapat surat keterangan hilang, silakan untuk datang ke kantor SAMSAT setempat dan mengikuti langkah berikut:

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan dan tinggal Anda isi datanya. Kemudian Anda akan diarahkan untuk melakukan cek fisik kendaraan kemudian dilanjutkan cek blokir STNK
  2. Serahkan semua dokumen termasuk hasil cek fisik dan cek blokir ke Loket BBN (Bea Balik Nama) II
  3. Membayar biaya pajak jika pajak tahun tersebut belum dibayar, plus membayar biaya pembuatan STNK baru. Untuk kendaraan roda dua, tiga, dan angkutan umum biayanya adalah Rp50.000, sedangkan untuk kendaraan roda 4 dan lebih biayanya adalah Rp 75.000.
  4. Jika STNK sudah siap, nama Anda akan dipanggil dan Anda bisa menyerahkan bukti pembayaran untuk mengambil STNK yang baru
  5. Segera fotokopi STNK yang baru dan simpan untuk jaga-jaga jika suatu hari nanti diperlukan.
Note: Biaya pengurusan dapat berubah karena perbedaan waktu pada saat artikel ini diterbitkan.