Siapkan 4 Komponen Ini Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Siapkan 4 Komponen Ini Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Siapkan 4 Komponen Ini Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Sebagai pemilik kendaraan, Anda sudah sepatutnya mempersiapkan mobil untuk berbagai situasi. Seperti pada musim penghujan sekarang yang tidak jarang mempengaruhi jarak pandang saat Anda mengemudi. Sebagai bentuk antisipasi, lakukan beberapa persiapan pada komponen mobil dengan mengikuti tip di bawah ini.

  1. Wiper (penyeka kaca)

Seperti kita ketahui kalau wiper menjadi komponen mobil yang akan sering digunakan saat hujan turun. Jadi, agar performa wiper stabil, pastikan Anda mengganti karetnya secara berkala. Penggantian karet di penyeka kaca mobil akan mencegah pengerasan. Pasalnya, kalau wiper terus digunakan dengan karet lama yang keras, peluang kaca mobil tergores lebih besar dan permukaannya ikut kotor.

  1. Wiper fluid

Komponen selanjutnya yang wajib Anda persiapkan adalah cairan pembersih kaca. Sebaiknya, Anda tak hanya mengandalkan aquades sebagai wiper fluid. Campurkan cairan tersebut dengan jenis pembersih lain seperti shampo atau screen wash. Campuran dari beberapa pembersih ini dianggap bisa mengangkat kotoran secara sempurna dari permukaan kaca mobil.

  1. Kaca mobil

Sekarang, mari kita simak persiapan untuk kaca mobil. Untuk mengoptimalkan keselamatan, aplikasikan rain repellant di permukaan kaca. Anda dapat membelinya di toko-toko perawatan kendaraan. Produk ini mampu menciptakan efek daun talas dengan menutupi pori-pori permukaan kaca. Sehingga, air hujan yang menyerbu permukaan bakal langsung meluncur ke bawah serta tidak menghalangi jarak pandang.

  1. Lampu mobil

Ketika hujan, matahari tentunya tak akan tampak dan mengurangi penerangan alami saat Anda sedang mengemudi. Untuk menjaga jarak pandang, Anda bakal mengandalkan lampu mobil. Maka, pastikanlah semua lampu pada mobil Anda berfungsi dengan baik. Tambahkan city lamp dan tail lamp agar performa penerangan semakin maksimal. Dengan begitu, Anda dapat berkendara tanpa was-was.

Itulah beberapa tips dari Bapak Endro Kiswanto selaku Deputy GM Operational PT. CentrePark Citra Corpora, semoga membantu Anda untuk menjaga performa mobil Anda di saat musim penghujan sekarang ini. Silahkan share jika informasi ini berguna untuk Anda.