Sering Jengkel Karena Mobil Jadi Boros Bensin? Tenang, Ada Rahasianya!

Sering Jengkel Karena Mobil Jadi Boros Bensin? Tenang, Ada Rahasianya!

Pernahkah Anda merasa bingung dan bertanya-tanya mengapa mobil menjadi semakin boros padahal tidak dipakai untuk melakukan perjalanan jauh? Masalah yang satu ini sudah menjadi hal umum karena banyak yang mengalaminya.

Untuk mengatasinya, beberapa orang langsung mendatangi bengkel dan mengecek apakah terjadi gangguan pada mesin atau tidak. Ada juga yang nekat mengakali komponennya agar mobil jauh lebih hemat.

Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang membuat Anda tidak bisa menghemat bahan bakar karena konsumsi BBM yang boros. Alasan pertama biasanya dikarenakan mesin kendaraan menggunakan banyak komponen dan fitur canggih. Hal ini membuat kerja mesin mobil makan berat sehingga butuh tenaga lebih banyak.

Faktor lainnya adalah karena terdapat komponen mesin yang kotor dan berkerak, misalnya pada filter udara dan di ruang mesin. Inilah yang membuat aliran udara terhambat sehingga menurunkan peforma mesin mobil. Dengan begitu pembakaran tidak sempurna dan kerjanya makin keras. Kemudian penyebab lain yang membuat bensin boros seperti lubang Nozzle tersumbat, aus piston terkikis, serta kebiasaan mengemudi yang kurang tepat.

Tips Menghemat Bahan Bakar

Anda tidak perlu khawatir, ada banyak sekali cara untuk menghemat bahan bakar, khususnya pada mobil di antaranya sebagai berikut:

  1. Gunakan BBM Berkualitas

Salah satu kunci utama agar mobil irit bahan bakar adalah dengan menggunakan BBM yang berkualitas. Jangan terlalu sering membeli bensin eceran karena kualitasnya kurang terjamin. Bisa saja ditambah campuran air atau bensin bekas sehingga menyebabkan proses pembakaran tidak stabil ketika mobil digunakan.

  1. Jangan Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Kebiasan masyarakat kita adalah makin lama memanaskan mesin mobil maka semakin baik untuk mesin. Padahal hal tersebut tidaklah betul karena kendaraan jaman sekarang sudah dilengkapi dengan mesin cukup canggih. Tak perlu sampai hampir setengah jam memanasi mobil, cukup beberapa menit saja maka mesin sudah panas sendiri secara otomatis. Kebiasaan ini justru akan menghabiskan bensin karena mesin terus menyala tanpa digunakan berjalan.

  1. Coba Pakai Engine Break

Menggunakan Engine Break merupakan solusi andalan bagi Anda yang ingin menghemat bahan bakar pada kendaraan roda empat. Teknologi yang satu ini adalah kemampuan dimana melakukan pengereman dengan memanfaatkan kopling dan gigi.

  1. Minimalisir Penggunaan AC

Berada di dalam mobil memang sangat nyaman karena dingin dan sejuk, terlebih lagi jika udara di luar sedang panas dan Anda terjebak mancet. Pada kondisi tersebut penggunaan AC mobil memang sangat penting dan berguna sekali. Namun sebaiknya Anda minimalisir pemakaiannya jika tidak terlalu diperlukan, misalnya saat sedang parkir, menunggu orang lain, atau hanya sekedar ngadem di dalamnya saja.

Itulah beberapa tips mudah dan praktis untuk menghemat bahan bakar mobil. Memang kita tidak bisa memastikan faktor apa saja yang menjadi penyebab borosnya penggunaan BBM. Akan tetapi Anda bisa melakukan berbagai macam tindakan pencegahan seperti merawat mesin mobil dengan baik, mengurangi penggunaan fitur tidak penting, memperhatikan cara menyetir, dan sebagainya.