Rawat Mobil Manual Anda Dengan Cara Mudah Berikut Ini

Rawat Mobil Manual Anda Dengan Cara Mudah Berikut Ini

Rawat Mobil Manual Anda Dengan Cara Mudah Berikut Ini

Punya mobil manual yang jadi alat transportasi andalan? Jangan lupa untuk selalu dirawat karena mobil yang terawat luar dan dalamnya bisa lebih awet dan siap untuk dikendarai baik jarak dekat maupun jauh. Berikut adalah penuturan dari Bapak Samsu Alam selaku Operational Director PT. CentrePark Citra Corpora memberikan beberapa tips mudah untuk merawat mesin mobil manual yang bisa Anda lakukan secara rutin.

1.             Ganti oli rutin

Perhatikan pada panduan manual mobil Anda setiap berapa km oli harus diganti. Atau kalau tidak ada Anda bisa mencari informasi yang berkaitan dengan waktu penggantian oli mobil di internet. Mengganti oli penting untuk menjaga keawetan mesin karena fungsinya sebagai pelumas dan menjaga agar komponen mesin tidak mudah kotor. Gunakan oli untuk mobil manual dengan kualitas yang baik tidak hanya untuk oli mesin tapi juga oli power steering, oli rem, dan sebagainya.

2.             Cek air radiator

Fungsi air radiator adalah untuk menjaga suhu mesin mobil tetap stabil dan tidak terlalu panas. Mobil yang terlalu panas atau overheat akan menimbulkan kerusakan pada mesin bahkan bisa membuat mesinnya terbakar. Cek air radiator saat mesin sedang mati dan tidak panas kemudian isi kembali dengan air kalau sudah habis. Biasanya air radiator diganti setiap 1000 km jarak yang sudah ditempuh.

3.             Tarik gas kencang sesekali

Bukan berarti harus mengebut di jalanan. Anda bisa menarik gas mobil dengan kencang ketika mobil sedang dipanaskan dengan keadaan transmisi yang normal.  Tujuannya adalah untuk membuang kerak yang bisa ada pada mesin pada mobil lama agar keluar melalui knalpot.

4.             Tangki penuh saat isi bensin

Bagian atas tutup tangki yang tidak pernah tersentuh bensin karena mengisinya tidak pernah penuh bisa menimbulkan kerak. Kerak-kerak ini bahaya kalau masuk ke mesin ketika tersapu oleh bensin. Oleh karena itu usahakan tiap kali isi bensin mobil tangkinya diisi sampai penuh agar tidak memberi kesempatan pada kerak untuk timbul.

5.             Rutin servis ke bengkel

Sembari mengganti oli, sekalian minta montir bengkel untuk melakukan servis pada mobil Anda. Servis dilakukan untuk membersihkan mesin, memastikan sistem kelistrikan pada mobil masih bagus, dan sebagainya. Melakukan servis secara rutin biayanya lebih murah dibandingkan biaya memperbaiki kerusakan karena mobil manual yang jarang dirawat.