Perkembangan Teknologi Sistem Perparkiran dan Pemanfaatannya

Perkembangan Teknologi Sistem Perparkiran dan Pemanfaatannya

Perkembangan Teknologi Sistem Perparkiran dan Pemanfaatannya

Teknologi bisa digunakan di hampir semua aktivitas dalam kehidupan, termasuk bisnis perparkiran. Sebelumnya, bisnis perpakiran menggunakan sistem manual yaitu menggunakan karcis di mana petugas parkir memberikan karcis tersebut kepada pemilik kendaraan saat akan parkir.

Setelah itu, pemilik kendaraan mengembalikan kembali karcis tersebut kepada petugas parkir saat akan meninggalkan area parkir. Saat ini, bisnis perparkiran sudah berkembang pesat dengan penggunaan teknologi dalam prosesnya.

Berikut ini tahapan perkembangan sistem parkir sebagai berikut :

1.Sistem Parkir Tradisional

Sistem parkir tradisional masih dikelola oleh operator. Dalam pelaksanaan sistemnya, operator dibantu oleh juru parkir atau petugas parkir. Tugas dari seorang juru parkir atau petugas parkir adalah memberikan karcis kepada pemilik kendaraan sebagai bukti parkir.

Laporan pengelolaan bisnis perparkiran dengan sistem seperti ini masih berbasis asas kepercayaan tanpa laporan tertulis antara pemda setempat, pemilik, dan pengelola parkir.

2. Sistem Parkir Komputerisasi

Sistem parkir komputerisasi atau Parking Management System atau PMS masih tetap menggunakan petugas parkir. Bedanya adalah sistem parkir komputerisasi, petugas parkir menggunakan komputer untuk melakukan pencatatan kendaraan yang masuk dan keluar.

Petugas tetap memberikan karcis parkir yang keluar dari mesin secara otomatis. Kelebihan dari sistem ini adalah pelaporan bisnis perparkiran lebih rapi.

3. Sistem Parkir Semi Otomatis

Sistem parkir semi otomatis disebut juga dengan “Manless Parking System”. Sistem parkir ini adalah perkembangan dari teknologi Parking Management System. Kelebihan dari sistem ini adalah pemilik tidak perlu menggunakan terlalu banyak petugas parkir.

Sistem parkir ini hanya membutuhkan satu orang operator parkir untuk mengoperasikan komputernya. Selain mampu menghemat biaya Sumber Daya Manusia, sistem ini digunakan di banyak lahan parkir di Indonesia karena laporan bisnis yang lebih akurat dan lebih sulit untuk dimanipulasi.

4. Sistem Otomatis Berbasis Radio Frekuensi Identification Data atau RFID

Sistem perparkiran berbasis Radio Frekuensi Identification Data ini semakin populer di Indonesia seiring dengan perkembangan kompleks perumahan, apartemen, hotel, sekolah, dan area-area publik berbasis teknologi.

Sistem ini tidak memerlukan petugas atau operator parkir karena pemilik kendaraan sudah dibekali oleh kartu parkir elektronik untuk masuk dan keluar area parkir. Sistem ini lebih efisien dan aman karena tanpa kartu elektronik tersebut kendaraan tidak bisa masuk atau keluar area parkir.

5. Sistem Parkir Berbasis Parkir Meter atau mesin Vending Parkir

Sistem parkir berbasis parkir meter ini umumnya diterapkan untuk area parkir di pinggir jalan. Biasanya, sistem ini diaplikasikan dengan sistem koin atau e-money.

Tips Memilih Sistem Parkir yang Sesuai Standar

Setelah mengetahui perkembangan sistem perparkiran di Indonesia serta teknologi yang digunakan, ada baiknya memahami pula cara memilih sistem parkir yang sesuai standar. Dengan begitu, sebagai pemilik dan pengelola area parkir, Anda dapat memaksimalkan bisnis area parkir dengan laporan yang akurat.

  • Survei dan carilah informasi terkait perusahaan yang memiliki teknologi parkir terkini yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, pastikan pula perusahaan tersebut memiliki layanan purna jual.
  • Pilihlah perusahaan yang memberikan garansi yang masuk akal dan memenuhi kebutuhan Anda sebagai pengguna sistem atau teknologi perparkiran tersebut.
  • Bekerja samalah dengan perusahaan sistem perparkiran yang mampu berinovasi dengan sistem perparkiran yang mereka tawarkan. Dengan begitu, teknologi sistem perparkiran yang Anda gunakan akan selalu berkembang dari tahun ke tahun.

PT. Centrepark Citra Corpora berkomitmen untuk menjadi perusahaan sistem perparkiran yang kompeten di Indonesia. Perusahaan kami memberikan saran teknologi sistem parkir sesuai kebutuhan klien. Konsultasikan kebutuhan lahan parkir Anda dengan kami, silahkan hubungi kantor pusat di no.telp 021 6329191 atau WA. 0815 3337 3737.