Perhatikan Etika Saat Parkir Mobil Di Perumahan

Perhatikan Etika Saat Parkir Mobil Di Perumahan

Perhatikan Etika Saat Parkir Mobil Di Perumahan

Selama PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar kali ini, menjadi banyak orang yang berada di rumah dan tidak pergi bekerja. Hal seperti ini membuat para penghuni rumah tidak peduli dengan keadaan kendaraan yang terparkir sebab tidak digunakan ke mana-mana. Akibatnya membuat penampilan jalan semakin terlihat semrawut, padahal pada pandemi seperti ini seharusnya lingkungan bersih dan terlihat rapi.

Sebagai pemilik mobil seharusnya Anda tahu bagaimana etika parkir baik saat biasa maupun pandemi. Mungkin saat keadaan normal hanya memarkirkan mobil di pinggir jalan hanya saat malam lalu paginya berangkat, namun karena saat ini keadaan berbeda akan lebih baik menyadari sendiri untuk memarkirkan kendaraan dengan rapi. Berikut ini adalah beberapa cara agar Anda bisa memarkirkan mobil dengan cara yang rapi dan tidak merugikan lingkungan sekitar.

  • Sediakan Garasi Sebelum Memiliki Mobil

Seharusnya yang wajib ada pada rumah yang ingin membeli mobil adalah dengan memiliki garasi terlebih dahulu. Dengan memiliki garasi tersendiri maka mobil bisa masuk ke rumah dan tidak mengganggu perjalanan warga sekitar.

Usahakan jika sudah memiliki garasi, mobil juga harus dimasukkan. Jangan karena malas lalau Anda tidak mau memasukkan mobil ke garasi. Anda yang malas tetapi warga sekitar lah yang menjadi korban kemalasan Anda. tetap jaga toleransi kepada sesama.

  • Gunakan Carport

Jika tidak memiliki garasi maka carport adalah pilihan yang lain yang bisa digunakan. Biasanya untuk perumahan carport sudah disediakan sehingga bisa langsung dipakai. Carport ini memang mirip dengan garasi akan tetapi terdapat di luar dan menjadi satu paket pada pembelian rumah.

Jika terlalu panas maka Anda bisa memasang kanopi atau menggunakan barang lain yang kira-kira bisa menutupi dari panas seperti terpal atau yang lainnya.

  • Gunakan Lahan yang Kosong dan Beri jarak aman

Jika di dalam kompleks perumahan ada lahan kosong maka bisa digunakan untuk parkir. Namun jika lahan parkir tersebut juga digunakan untuk beberapa orang maka parkirlah dengan memberikan jarak aman sekitar 1 sampai 2 meter dari mobil yang lain.

Jadi, ketika Anda dengan pemilik mobil yang lain sama-sama ingin menggunakan atau sekedar memanasi mesin tidak melakukan kontak secara fisik sebagai salah satu pencegahan terjadinya infeksi virus corona kali ini. Tetap gunakan jarak aman agar tetap terlindungi dari penyakit yang sedang menghantui ini.

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memarkirkan kendaraan roda empat Anda di area perumahan. Tetap jaga kesehatan, buat lingkungan menjadi ramah bagi setiap orang yang tinggal di sana dan hindarilah sifat egois. Semoga Pandemi dan PSBB kali ini segera berakhir dan bisa beraktivitas seperti dahulu kala.