Pentingnya Mematuhi Larangan Pakir Liar di Bahu Jalan

Pentingnya Mematuhi Larangan Pakir Liar di Bahu Jalan

Pentingnya Mematuhi Larangan Pakir Liar di Bahu Jalan

Masalah parkir liar belakangan semakin semarak terjadi di Indonesia, khususnya di Ibukota Jakarta. Polemik masalah parkir liar ini seakan tidak selesai-selesai. Dan masih tetap ada saja yang melanggar berbagai peraturan parkir ini.

Baik itu kalangan pejabat, pengusaha, dan masyarakat umum lainnya. Terkhusus untuk masalah parkir di bahu jalan, tidak sedikit kita lihat di jalanan kota Jakarta banyak orang yang memarkir kendaraannya sembarangan. Hal ini tentu sangat bertentangan dengan peraturan mengenai pengelola parkir /manajemen parkir.

Perlu untuk kita ketahui bersama pada bahu jalan bukanlah area untuk parkir kendaraan sembarangan, baik ada rambu-rambu dilarang parkirnya atau tidak ada rambu. Tetap tidak boleh parkir di bahu jalan. Bahkan ketentuan mengenai ini sudah tertuang dalam aturan resmi.

Meskipun ada beberapa peraturan pemerintah setempat yang memberikan izin untuk parkir kendaraan di beberapa bahu jalan. Akan tetapi sebaiknya anda menghindari melakukan hal ini, lebih baik mencari lahan parkir terdekat untuk memarkirkan kendaraan anda.

Selain karena alasan keamanan kendaraant, namun juga untuk menjaga kenyamanan pengendara jalan lainnya. Hal ini merupakan salah satu bentuk manajemen parkir yang benar.

Nah, kami akan bagikan beberapa area terlarang untuk parkir kendaraan tidak hanya dibahu jalan. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Area Terlarang untuk Parkir Kendaraan

  • Jangan parkir pada area tikungan, bahu perbukitan, dan di sebuah jembatan.
  • Jangan parkir di area pejalan kaki dan area trek orang bersepeda.
  • Dilarang parkir dekat dengan lampu lintas atau tempat penyebrangan pejalan kaki.
  • Jangan parkir 6 meter dari sebuah persimpangan atau dalam sembilan meter dari tempat pemberhentian bus kecuali jika kendaraan anda rusak.
  • Jangan parkir di jalan layang dan terowongan, atau pada sisi jalan menuju jalan layang.
  • Jangan parkir di atas pinggiran rumput atau bahu jalan.

Semua area terlarang tersebut dimuat dalam peraturan pengelola parkir dan wajib untuk diketahui serta dipatuhi seluruh pengguna jalan, terlebih pemilik kendaraan.

Sekarang kami akan bagikan beberapa permasalahan yang akan terjadi jika anda memaksa parkir di bahu jalan, diantaranya sebagai berikut : .

  • Menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Baik itu kecelakaan terhadap pengguna kendaraan lainnya ataupun kecelakaan pada pejalan kaki.
  • Membuat kapasitas jalan menyempit karena lebarnya berkurang sehingga menyebabkan tidak lancarnya arus lalu lintas di tempat kendaraan yang terparkir tersebut. Itulah sebabnya mengapa sangat dilarang parkir di bahu jalan.

Yuk, parkir kendaraan kalian di tempat yang memiliki manajemen parkir yang oke serta memiliki teknologi cashless parking terbaru.