Penanganan Tepat jika Mobil Anda Terendam Banjir

Penanganan Tepat jika Mobil Anda Terendam Banjir

Penanganan Tepat jika Mobil Anda Terendam Banjir

Menjelang bulan January biasanya intensitas curah hujan akan meningkat di Indonesia. Dengan kondisi daerah resapan air yang semakin berkurang, membuat potensi banjir pun semakin tinggi khususnya adalah di Ibu Kota Jakarta.

Banjir seakan-akan menjadi langganan setiap musim hujan datang. Dengan curah air yang banyak serta pola hidup masyarakat yang tidak baik ini akan menimbulkan dampak banjir yang lebih besar.

Mobil yang memiliki mesin dan peralatan listrik ini pastinya akan rusak jika sampai terendam banjir. Namun untuk Anda yang memiliki masalah tersebut tidak perlu khawatir.

Karena Anda dapat melakukan penanganan yang tepat jika mobil Anda terendam banjir. Berikut ulasannya :

  • Lepas dengan Segera Kabel Aki

Karena aki merupakan sumber listrik utama dari mobil, maka segaralah untuk melepas kabel aki saat terjadi banjir. Hal ini untuk menghindari mobil terjadi korsleting karena bersentuhan dengan air dalam jangka waktu yang lama dan intensitas yang tinggi.

  • Non aktifkan Rem Tangan

Anda harus melepas rem tangan agar rem kanvas tidak lengket karena terkena air. Anda tetap bisa melakukan manajemen parkir dengan sistem parkir yang berbeda yaitu dengan memasukkan gigi satu pada mobil manual atau dengan mengatur tuas ke kondisi P (Parking) pada mobil matic.

  • Jangan Menyalakan Mesin Secara Langsung

Saat banjir telah surut, dan mobil Anda harus diubah posisinya, maka dorong saja, jangan menyalakan mesin secara langsung. Hal ini bertujuan untuk menghindari korsleting karena masih banyak komponen yang terkena air.

  • Kuras Bensin

Sedot semua bensin yang ada dalam mobil karena bensin yang tercampur dengan air akan menyebabkan kerusakan mesin lebih parah lagi. Air pada tangki bensin akan membuat tangki Anda menjadi berkarat dan menjadi keropos.

  • Keringkan Berbagai Komponen

Komponen mesin yang basah, harus Anda bersihkan dan keringkan terlebih dahulu karena ini bisa menyangkut pada korsleting yang akan dialami mobil. Jika sudah benar-benar kering dab bersih pasang kembali.

  • Cek Interior Mobil

Cek keadaan interior mobil Anda, karena terendam oleh air bisa saja interior mobil Anda banyak yang rusak bahkan berkarat.

  • Bawa Mobil Anda ke Bengkel

Anda disarankan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel walaupun mobil masih dapat digunakan. Bawa mobil pelan-pelan saja dan serahkan pada pihak bengkel untuk mengecek semua bagian mobil yang butuh penanganan.