Pahami Beberapa Penyebab Lampu Indikator Mesin Mobil Menyala

Pahami Beberapa Penyebab Lampu Indikator Mesin Mobil Menyala

Pahami Beberapa Penyebab Lampu Indikator Mesin Mobil Menyala

Di dalam mobil memang akan dipasangkan berbagai macam lampu indikator jika sampai terjadi masalah, memperhatikan penyebabnya menjadi hal penting yang harus anda perhatikan menurut Bapak Henry King selaku Vise President Smart Parking & Technology. Meskipun menyalanya lampu indikator mesin meskipun tidak boleh diremehkan namun terkadang juga ternyata bukan merupakan sesuatu yang urgent. 

Penutup Tangki Bahan Bakar 

Bagian penutup tangki bahan bakar yang tidak tertutup rapat ternyata bisa menimbulkan masalah nantinya. Ketika penutup tangki tersebut tidak menutup secara sempurna maka dapat terjadi penguapan bahan bakar yang membahayakan untuk lingkungan sekitar anda, namun hal ini masih seringkali diabaikan.

Maka jika anda merasa tidak ada yang salah pada kendaraan tetapi lampu indikator mesin menyala maka cobalah untuk mengecek bagian penutup tangki bahan bakar ini. 

Masalah pada Catalytic Convertor

Fungsi utama dari catalytic convertor adalah mengubah karbon monoksida dan berbagai gas berbahaya lainnya menjadi tidak berbahaya saat dikeluarkan. Tanda dari terjadinya kerusakan pada bagian ini adalah bahan bakar yang digunakan menjadi lebih cepat habis dan ketika menginjak pedal gas laju mobil tidak secepat biasanya. 

Sensor Oksigen

Bekerja melakukan monitoring terhadap oksigen yang tidak terbakar di knalpot akan membantu anda untuk mengetahui berapa banyak bahan bakar yang terbakar.

Jika sampai terjadi kerusakan pada sensor oksigen ini maka data yang anda dapatkan tidak akan valid dan ada penurunan konsumsi bahan bakar. Hal ini bisa saja terjadi karena tertutupnya sensor oleh oli sehingga kemampuannya berkurang. 

Kerusakan Mass Airflow Sensor

Berfungsi untuk menentukan jumlah bahan bakar yang harus digunakan berdasarkan udara yang masuk mobil, jika sampai terjadi kerusakan maka emisi bahan bakar akan meningkat dan sistem eonomisnya menjadi drop.

Tentunya kondisi ini akan merugikan bagi anda pengguna mobil tersebut padahal kerusakannya bisa juga disebabkan oleh saringan udara yang salah dipasang atau bahkan tidak pernah diganti. Sehingga hal yang harus anda perhatikan adalah lebih rajin dalam melakukan service mobil agar bagian ini juga diperiksa. 

Emisi Evaporasi Purge Control Value

Bagian sistem emisi evaporasi mobil yang bekerja dengan membuka katup purge secara bertahap saat mesin sedang hangat atau mobil berjalan untuk membuat uap bahan bakar berpindah dari tabung arang untuk dibakar ke mesin. Jika katup ini rusak maka lampu indikator mesin anda akan menyala, sehingga harus diatasi dengan baik secepat mungkin. 

Jangan panik saat melihat lampu indikator mesin menyala tetapi cobalah untuk melakukan pengecekan pada beberapa bagian tersebut untuk mengetahui penyebabnya. Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, pastikan semua lampu indikator sudah dalam keadaan baik sebelum anda menggunakan mobil.