Musim Hujan Tiba, Ini Cara Mencegah Bodi Mobil Dari Kusam

Musim Hujan Tiba, Ini Cara Mencegah Bodi Mobil Dari Kusam

Musim Hujan Tiba, Ini Cara Mencegah Bodi Mobil Dari Kusam

Intensitas hujan yang tinggi mengancam kondisi permukaan cat mobil. Bila dibiarkan terlalu lama, air hujan bisa membuat bodi mobil tampak kusam bahkan berkarat.

Bagaimana cara mencegah hal tersebut?

  • Jangan Biarkan Air Hujan Mengering dengan Sendirinya

Ketika mobil kehujanan, jangan biarkan sampai air hujan mengering dengan sendirinya. Hal itu akan memicu kerusakan pada permukaan cat mobil karena air hujan mengandung banyak garam. Selain itu, air hujan juga membuat body mobil lebih cepat kotor dan memicu karat.

Sebaiknya segera cuci mobil setelah terkena air hujan. Tapi, jangan langsung dicuci begitu saja setelah mesin mobil dimatikan. Tunggu beberapa saat hingga mobil dingin baru dicuci atau dikeringkan.

Agar tak merusak cat mobil, gunakan spons yang halus dan sabun khusus untuk cuci mobil. Kemudian, bilas dengan air sampai bersih dan keringkan menggunakan kain lap seperti kanebo, microfiber atau wash mitt.

Pastikan kain tersebut bersih dan masih memiliki daya serap baik bukan kain bekas. Apabila kain lap yang digunakan ternyata kotor atau ada butiran debu, maka berpotensi menyebabkan baret di permukaan cat mobil. Hindari pula mengelap mobil dengan menekan terlalu kuat agar cat mobil tak rusak.

  • Cek Komponen Mesin dan Kaki-Kaki Mobil

Bukan hanya permukaan body mobil saja yang perlu diperiksa. Anda juga perlu memeriksa bagian komponen mesin mobil setelah kehujanan.

Air hujan mudah sekali masuk ke dalam mobil melalui celah-celah kecil. Pastikan air tak membasahi bagian mesin demi menghindari potensi mogok ketika dikendarai kembali.

Di samping mesin mobil, periksa pula bagian kaki-kaki mobil. Bersihkan kaki-kaki mobil dari lumpur, pasir dan debu.

Bila kesulitan membersihkan bagian roda dan kolong mobil, Anda bisa membawa mobil ke tempat cuci mobil yang menyediakan fasilitas hidrolik. Dengan begitu bagian roda dan kolong mobil akan lebih mudah dibersihkan.

  • Menyemprotkan Silicon Spray

Bagian karet dan kaca mobil juga perlu diperiksa setelah terkena air hujan. Karet dan kaca mobil bisa mudah rusak apabila sering kehujanan kemudian kepanasan.

Karet yang sudah rusak biasanya memiliki ciri tak lentur atau mengeras. Demi menjaga kondisi kaca dan karet, semprotkan cairan silicon spray yang diperuntukkan menjaga kelenturan dan ketahanan karet dan kaca mobil.

  • Tambahkan Karpet di Dalam Mobil

Kebersihan bagian dalam mobil juga perlu diperhatikan ketika memasuki musim penghujan. Saat musim hujan, alas kaki bisa menjadi penyebab lantai mobil kotor yang akhirnya memicu jamur.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan karpet untuk melapisi lantai mobil. Dengan begitu ketika musim hujan lantai kotor tak mudah kotor dan berjamur.

Namun, Anda harus hati-hati ketika memilih karpet mobil di musim hujan. Hindari karpet beludru dan kain karena sulit dibersihkan ketika terkena lumpur atau kotoran lainnya. Pilihlah karpet mobil dari karet dan pvc karena tak mudah menyerap air dan mudah dibersihkan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, mobil pun tetap bersih dan tampak seperti baru meski di musim hujan sekalipun. Yuk, follow IG @centrepark.id untuk mendapatkan tips parkir lainnya.