Mobil Kelamaan Parkir Di Rumah, Ini Dia Tips Merawat Kendaraan!

Mobil Kelamaan Parkir Di Rumah, Ini Dia Tips Merawat Kendaraan!

Mobil Kelamaan Parkir Di Rumah, Ini Dia Tips Merawat Kendaraan!

Pada masa PSBB, pembatasan aktivitas di luar ruangan pun dilakukan demi menekan penyebaran virus untuk kesehatan bersama. Oleh karena itu, Anda yang biasanya beraktivitas di luar rumah pasti jadi harus sering memarkirkan mobil di rumah saja, kan?

Akan tetapi, bukannya mobil jadi lebih mudah bermasalah kalau jarang digunakan, ya? Tenang saja, Anda tak perlu khawatir karena sebenarnya ada beberapa tips perawatan mobil yang dapat Anda lakukan agar kendaraan Anda selalu dalam kondisi terbaik meskipun harus sering terparkir selama masa PSBB.

Simak tips perawatan mobil selama PSBB dari perusahaan parkir CentrePark berikut ini, yuk!

  • Pilih tempat parkir yang beratap. Tempat teraman untuk memarkirkan mobil adalah di garasi, atau carport beratap. Dengan begitu paparan sinar matahari maupun air hujan yang dapat merusak mobil pun dapat terhindari, seperti water spot (jamur), cat bodi memudar, dan bau tak sedap.
  • Cuci mobil luar dan dalam. Siapa bilang Anda hanya perlu mencuci mobil secukupnya saja hanya karena mobil jarang dipakai selama PSBB? Meskipun mobil hanya “diam” saja di rumah, kotoran dan debu pun tetap menempel pada kendaraan. Karena itu, Anda tetap perlu mencuci mobil secara rutin pada bagian luar dan dalam.
  • Cegah kerusakan dari hewan liar. Karena didiamkan dalam jangka panjang, mobil jadi lembab dan bisa menarik perhatian hewan-hewan liar seperti semut, tikus, dan kecoa. Selain dapat membuat kendaraan jadi kotor, hewan liar pun bisa merusak kendaraan – misalnya tikus yang menggigit kabel sistem kelistrikan. Untuk mencegahnya, gunakan bahan pengusir binatang alami maupun yang dibeli di toko.
  • Keluarkan barang pribadi dari dalam mobil. Faktor lain yang bisa mengundang hewan liar bersarang di mobil adalah adanya makanan/minuman yang tertinggal di dalam kabin. Jadi, keluarkan dulu barang-barang Anda dari dalam mobil, termasuk yang bukan makanan atau minuman seperti kartu tol, kacamata, barang berharga, atau pemantik api.
  • Cek tekanan ban. Saat mobil lebih sering diparkir, tekanan ban akan lebih cepat berkurang. Jadi, pastikan Anda rajin mengecek tekanan ban dan mengisi kembali sesuai standar. Demi kemudahan Anda, belilah alat pengisi angin ban portabel.
  • Jangan gunakan rem parkir. Sebaiknya Anda tidak menggunakan rem parkir untuk mencegah menempelnya kampas rem ke tromol bagian dalam, yang bisa jadi sulit dilepas karena mobil terparkir lama. Gunakan balok kayu atau pengganjal ban lainnya.
  • Isi tangki bensin sampai penuh. Apabila tangki bensin kosong saat mobil terparkir lama, karat dapat timbul di dalam tangki sebagai efek dari reaksi oksidasi.
  • Pasang kabel baterai. Walaupun terparkir lama, mobil tetap membutuhkan suplai listrik, misalnya untuk mengaktifkan alarm.
  • Panaskan mesin secara rutin. Lakukan hal ini secara teratur, minimal seminggu sekali selama kira-kira 15 menit agar aki tidak tekor dan oli mesin dapat bersirkulasi. Anda juga bisa bawa mobil keluar sebentar, misalnya memutari kompleks tempat tinggal untuk mencegah kerusakan pada ban karena lama diparkir, sehingga hanya bertumpu pada satu titik dalam waktu lama.