Meski Sederhana, Yuk Kuasai 6 Teknik Dasar Parkir Ini!

Meski Sederhana, Yuk Kuasai 6 Teknik Dasar Parkir Ini!

Meski Sederhana, Yuk Kuasai 6 Teknik Dasar Parkir Ini!

Siapa yang masih kesulitan parkir mobil nih? Memang gampang-gampang susah untuk mahir parkir, apalagi jika kendaraan harus parkir di area yang sempit atau lahan parkir yang rapat misalnya parkiran perkantoran atau parkiran pusat perbelanjaan.

Memang, di area tersebut biasanya sudah ada pertugas parkir yang siap membantu memandu Anda memarkirkan kendaraan. Walaupun demikian, kadang tetap ada rasa khawatir atau takut menabrak kendaraan lain atau tembok di area parkir. Bahkan ada yang karena rasa takut tersebut, tidak sedikit orang yang enggan membawa kendaraan saat bepergian ke pusat keramaian.

Mengingat parkir kendaraan bukan hal yang mudah, seseorang kadang meluangkan waktu khusus untuk belajar memarkirkan kendaraan saat ikut kursus setir mobil.

Para instruktur ini akan memberikan bimbingan bagi para pesertanya agar parkir di area yang telah ditentukan tanpa keluar garis, tidak menabrak tiang pembatas, dan yang terpenting adalah tidak mengenai mobil lain di area parkir.

Bagi Anda yang saat ini sedang belajar parkir, berikut ini adalah beberapa teknik dasar parkir mobil yang perlu dikuasai agar semakin mahir memarkirkan kendaraan.

  • Mencari Lahan Parkir

Ketika Anda pergi ke pusat perbelanjaan, Anda dapat memarkirkan kendaraan di area parkir luar gedung. Cara ini sangat sederhana dan mudah karena teknik ini tidak akan mengganggu mobil lain yang datang dari 2 arah. Usahakan untuk mencari tempat parkir yang kosong secara perlahan. Jangan lupa, nyalakan lampu sein sebagai tanda untuk pengemudi lain di belakang Anda.

Tanda ini juga dapat membantu operator parkir mengetahui bahwa Anda tengah mencari tempat untuk parkir. Ketika Anda sudah menemukan area yang bisa digunakan untuk parkir, pastikan area tersebut sesuai dengan ukuran kendaraan Anda sehingga dapat meminimalisir resiko menyenggol benda lain.

  • Membuka Jendela

Bagi yang masih belajar parkir, bukalah kaca jendela mobil dan matikan audio. Hal ini penting supaya Anda lebih fokus dengan suara petugas parkir yang membantu memberikan instruksi arah parkir dan mengetahui kondisi lingkungan sekitar. Perhatikan apakah ada gundukan pembatas, tiang, garis parkir, atau kendaraan lain. Jangan malu untuk turun dari mobil jika masih ragu-ragu untuk mengawasi keadaan sekitar lebih dulu.

  • Manfaatkan Kaca Spion

Kaca spion merupakan salah satu bagian mobil yang berperan penting untuk memudahkan pengemudi parkir mobil. Apalagi jika Anda ingin memarkir mobil di tempat terbatas dan harus memundurkan kendaraan seperti parkir di mall. Bila masih ragu-ragu dengan jarak yang dilihat di kaca spion, coba keluarkan kepala untuk mengintip jarak mobil Anda dengan mobil lain atau tembok batas parkir. Sebenarnya mobil keluaran baru saat ini sudah dilengkapi dengan kamera mundur atau sensor untuk memberi peringatan batas belakang kendaraan ketika diparkir.

  • Menyisakan Ruang

Pastikan masih ada ruang di sisi kiri dan kanan mobil untuk memudahkan Anda turun dari kendaraan. Tempat parkir yang dikelola oleh perusahaan parkir biasanya sudah memiliki garis parkir yang jelas. Usahakan untuk parkir di lahan tersebut dengan posisi yang tepat.

  • Memastikan Mobil Aman Saat Diparkir

Pada saat parkir, pastikan untuk mengamankan kendaraan Anda. Jika parkir di tempat yang datar, pasanglah rem tangan dengan benar. Sementara itu jika menurun, posisikan transmisi di gigi mundur (R) dan pasang rem tangan. Untuk parkir di jalanan yang menanjak, posisikan kendaraan di gigi 1 dan pasang rem tangan agar mobil tidak bergerak.

  • Mengoptimalkan Fasilitas Mobil

Biasanya jenis mobil terbaru saat ini telah hadir dengan fasilitas dan fitur canggih seperti sensor parkir. Kehadiran sensor ini akan memberikan peringatan ketika bagian belakang kendaraan mendekati objek tertentu dengan mengeluarkan bunyi. Sensor parkir mobil akan berbunyi semakin keras jika bagian belakang mobil semakin mendekati benda tertentu. Ada pula fitur kamera parkir untuk memudahkan Anda melihat kondisi di belakang secara lebih jelas dibandingkan hanya melihat dari spion

Demikian beberapa teknik dasar untuk memarkirkan kendaraan di berbagai tempat. Dengan teknik yang tepat, Anda tentunya dapat meminimalisir berbagai resiko yang tidak diharapkan dan kendaraan Anda pun akan aman. Bagaimana, apakah Anda sudah menguasai teknik parkir mobil tersebut? Tetap semangat berlatih ya….