Merasa Bukan Haknya, Supervisor Mall Ini Kembalikan Segepok Uang

Merasa Bukan Haknya, Supervisor Mall Ini Kembalikan Segepok Uang

Merasa Bukan Haknya, Supervisor Mall Ini Kembalikan Segepok Uang

Tak sedikit orang yang mengatakan kejujuran semakin sulit ditemukan. Beberapa orang yang bersikap baik kerap kali hanya berakting untuk mendapatkan simpati. Ada pula yang sebenarnya memiliki karakter terpuji, tetapi malah dikucilkan karena dianggap sok alim.

Namun, bukan berarti bersikap jujur menjadi sesuatu yang aneh. Sifat tulus tersebut, saat ditunjukkan maupun diterima, akan memberikan inspirasi untuk banyak pihak agar tetap memperhatikannya. Hal ini pula yang terjadi pada Dino, salah satu attendant CentrePark di Palembang Indah Mall beberapa waktu lalu.

Berawal dari penemuan lembaran uang merah

Apa yang Anda lakukan saat tanpa sengaja menemukan uang dalam jumlah besar di tempat publik? Reaksi setiap orang pada situasi tersebut berbeda-beda. Ada yang langsung melaporkannya ke pihak berwajib, ada pula yang ‘nakal’ dengan membawanya diam-diam ke rumah.

Pria yang bekerja sebagai supervisor CentrePark di Palembang Indah Mall, Bukit Kecil, Palembang, Sumatra Selatan tersebut menemukan sejumlah lembaran uang merah yang tak sedikit beberapa waktu yang lalu.

Dino kala itu hendak mengambil uang di mesin Anjungan Tunai Mandiri di pusat ATM yang berlokasi di basement mal. Alangkah terkejutnya Dino saat dia menemukan lembaran yang seratus ribuan yang masih terjepit di kotak pengeluaran mesin. Kemudian saat dihitung, uang tunai yang Dino temukan ternyata berjumlah satu juta rupiah.

Pada hari itu, situasi di basement mal sedang tak terlalu ramai. Kesempatan seperti ini bisa saja dimanfaatkan orang-orang dengan niat buruk untuk mengambil uang tersebut demi memuaskan kepentingan pribadinya.

Bagaimana dengan Dino? Tanpa menunggu lama-lama, supervisor ini pun membawa uang temuannya ke PT Tara, manajemen keamanan (security) yang ditunjuk pengelola mal. Dino pun memaparkan kronologis penemuannya selengkap mungkin pada security.

Salah satu alasan Dino mengembalikan uang tersebut adalah karena dia yakin sang pemilik pasti mencarinya mengingat jumlahnya cukup besar. Pria itu juga merasa uang tadi bukanlah haknya dan tak pantas dipakai untuk kebutuhan personal.

Karyawan-karyawan terpuji yang menerapkan HEART

Apa yang dilakukan Dino sebenarnya merupakan contoh penerapan yang baik dari core value CentrePark, yakni HEART. HEART adalah akronim Honesty, Excellence, Accountability, Respect, dan Teamwork. Dari sini, kita dapat simpulkan bahwa Dino mempunyai nilai kejujuran (honest) yang baik, karena berupaya untuk mengembalikan uang bukan miliknya.

Sebelum Dino, ada Suhada, attendant CentrePark di gedung Marketing Office Kota Harapan Indah, Bekasi, yang melaporkan ponsel milik konsumen yang tertinggal di kotak bagasi depan dekat kemudi pada kendaraan yang terpakir. Baik Dino maupun Suhada diharapkan jadi teladan baik untuk karyawan lain dalam penerapan nilai-nilai HEART.