Menilik Fenomena Baru Cinema Drive In di Kota Jakarta

Menilik Fenomena Baru Cinema Drive In di Kota Jakarta

Menilik Fenomena Baru Cinema Drive In di Kota Jakarta

Selama pandemi corona, masyarakat dihimbau untuk menjaga jarak guna meminimalisir penularan. Hal ini lantas menimbulkan kerugian pada beberapa sektor. Salah satunya di sektor hiburan dengan ditutupnya bioskop di tanah air. Nah baru-baru ini muncul fenomena cinema drive in di Jakarta yang membuat pecinta film bisa bernapas lega. Cinema drive in memungkinkan pecinta film untuk menonton layaknya di bioskop, namun penonton harus tetap berada di dalam mobil di area parkir.

Fakta di Balik Fenomena Cinema Drive In di Jakarta

Munculnya cinema drive in di Jakarta melahirkan fakta-fakta menarik di baliknya. Apa saja fakta-fakta itu? Berikut ulasannya lengkapnya.

  • Cara nonton jadul yang populer lagi

Fenomena cinema drive in di Jakarta yang muncul ditengah pandemi corona nyatanya sudah ada sejak zaman dahulu. Sekitar tahun 1970-1980-an, cara nonton film ini sudah ada di Indonesia. Tepatnya di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Tak hanya di Indonesia, cara menonton film ini pun sudah populer di Amerika sejak tahun 1993.

Seiring perkembangan zaman yang kian modern, cara nonton film ini pun tergantikan dengan bioskop yang ada di mal-mal. Namun, ketika kebijakan physical distancing diterapkan, cinema drive ini kini populer lagi.

  • Cinema drive in di Jakarta terinspirasi dari Korea dan Jerman

Fakta kedua dibalik fenomena cinema drive in di Jakarta adalah terinspirasi dari Korea dan Jerman yang sudah menghelat acara serupa terlebih dahulu. Berkat adanya cinema drive in, para pencinta film bisa merasakan kembali serunya menonton film di layar bioskop tanpa melanggar protokol kesehatan selama pandemi corona. Sebab penonton tidak diperkenankan untuk keluar dari mobil.

  • Film yang akan diputar 

Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi corona membuat sejumlah proses syuting dihentikan, sehingga perilisan film baru pun tertunda. Meski demikian, cinema drive in di Jakarta tetap menarik dan layak dicoba karena film-film yang ditayangkan tak kalah menarik dari film-film baru.

  • Mekanisme menonton film

Untuk menikmati cinema drive in di Jakarta ada mekanisme yang harus diperhatikan. Terutama terkait kendaraan yang digunakan. Para pecinta film yang ingin menikmati cinema drive in disarankan menggunakan mobil keluaran tahun 2000 ke atas, berbahan bakar bukan diesel, dan memiliki tinggi maksimal 2 meter. Hal ini bertujuan supaya penonton bisa menikmati film dengan baik dan mendapatkan posisi nonton yang pas. Selain itu, audio film disalurkan melalui frekuensi radio, sehingga penonton film bisa mendengarkannya lewat perangkat audio mobil.

Nah itu tadi 4 fakta menarik di balik fenomena cinema drive in di Jakarta. Supaya kegiatan menonton film terasa lebih seru, pastikan untuk mengikuti mekanisme yang disarankan untuk menonton cinema drive di Jakarta. Selamat mencoba !