Mengapa Stir Serta Roda Ban Mobil Harus Lurus Saat Parkir?

Mengapa Stir Serta Roda Ban Mobil Harus Lurus Saat Parkir?

Mengapa Stir Serta Roda Ban Mobil Harus Lurus Saat Parkir?

Banyak orang mengira bahwa kendaraan atau mobil yang diparkirkan oleh pihak pengelola parkir umumnya dibuat lurus antara bagian setir dengan roda mobil hanya untuk tujuan estetika saja.

Namun faktanya tidak demikian, karena prosedur tersebut justru dilakukan agar power steering mobil lebih tahan lama. Pasalnya mobil yang menggunakan komponen power steering dengan jenis hidraulis akan lebih cepat rusak apabila diparkirkan dengan cara yang salah, seperti menempatkan posisis setir yang tidak lurus dengan bagian roda.

Perlu Anda ketahui pula bahwa power steering hidraulis sendiri akan bekerja dengan menggunakan oli yang kemudian menghasilkan tekanan di bagian rack steer.

Sementara itu, tekanan tersebut juga berfungsi dalam meringankan beban dari cara kerja setir mobil yang akan terasa lebih mudah untuk diputar ke kanan atau bahkan kiri, sehingga arah beloknya ban mobil pun dapat disesuaikan dengan jalanan yang Anda lewati.

Dengan demikian, ketika Anda membelokkan mobil pada salah satu sisi misalkan ke arah kiri, maka tekanan oli dari power steering itu pun akan tertumpu pada sisi tersebut. Karena tekanan yang tinggi tersebut, tentunya power steering pun akan bekerja dengan lebih keras.

Bahkan jika mesin mobil tiba-tiba dimatikan dalam posisi tersebut, maka dapat dipastikan oli yang terdapat di dalamnya akan terus tertekan sehingga sirkulasi yang terjadi pun akan berhenti begitu saja.

Kemudian bagaimana efek yang ditimbulkan dari hal tersebut, apabila dilakukan dalam jangka waktu lama serta berulang? Sebagai efek pertama, tentunya bagian seal juga jalur oli yang terdapat di dalamnya tidak dapat lagi menahan beban dan dalam jangka waktu lama akan membuatnya bocor atau jebol, sehingga ketika setir di belokkan baik ke arah kanan atau kiri tentunya akan terasa berat.

Namun penting pula untuk Anda perhatikan bahwa gejala tersebut tentunya tidak berlaku bagi jenis mobil yang di dalamnya dilengkapi dengan EPS atau Electric Power Steering.

Namun apakah yang disebut dengan EPS (Electric Power Steering) itu sendiri?

Pada dasarnya EPS dikenal sebagai sistem dengan bagian motor elektrik yang dapat digunakan untuk memberikan tekanan terhadap bagian rack steer.

Dengan kata lain, meskipun Anda memarkirkan mobil dalam posisi yang kurang tepat, seperti bagian setir tidak lurus dengan roda ban maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Karena mobil dengan sistem EPS tidak akan mendapatkan asupan berupa energi listrik yang tentunya dapat membebani bagian power steering itu tadi.

Dari penjelasan di bagian atas dapat Anda lihat bahwa terdapat beberapa alasan mendasar yang mengharuskan Anda untuk melakukan parkir dengan benar dan tidak terkecuali meluruskan bagian setir juga bagian roda ban yang dimilikinya.

Hal ini juga menjadi perhatian penting dari pihak pengelola parkir yang tentunya ingin memberikan kenyamanan bagi Anda pada saat memarkir kendaraan.