Membangun Prinsip Honesty Setiap Pribadi Individu di Perusahaan

Membangun Prinsip Honesty Setiap Pribadi Individu di Perusahaan

Membangun Prinsip Honesty Setiap Pribadi Individu di Perusahaan

Honesty atau di dalam bahasa Indonesia memiliki arti jujur. Jujur merupakan salah satu karakter manusia yang menjadi dasar dalam menjalani kehidupan yang baik. Bagaimana tidak?

Dengan kejujuran maka kebenaran akan terlihat dan setiap orang pun menjadi tahu tanpa ada yang ditutup-tutupi. Dengan kejujuran maka semua masalah akan terselesaikan dengan mudah, selain itu berjalannya interaksi antar manusia menjadi lebih transparan.

Kejujuran juga menjadi salah satu dasar untuk menjadi kebijaksanaan. Dengan sifat jujur Anda akan terlatih untuk bisa berperilaku bijaksana. Bijaksana yang dimaksud adalah Anda bisa mengakui semua yang telah Anda lakukan sekalipun itu adalah hal buruk dan mau mengungkapkan serta mau bertanggung jawab.

Berbicara tentang jujur yang menjadi dasar dari kebijaksanaan tidak luput dari pernyataan Thomas Jefferson yang mengatakan “Kejujuran adalah bab pertama dalam buku kebijaksanaan”.

Jadi, dengan berperilaku jujur, walaupun Anda berbuat kesalahan maka Anda tidak akan menyesal dan malah memiliki kemauan untuk mengubah diri menjadi lebih baik dan bijaksana.

Kejujuran tidak hanya berlaku bagi individu pada umumnya, namun juga sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan apalagi perusahaan yang terfokus dalam bidang pelayanan. Kejujuran harus menjadi fondasi berjalannya pekerjaan baik untuk kebaikan perusahaan, karyawan, para jajaran direksi, serta yang paling penting adalah bagi kebaikan para klien yang telah mempercayakan kepada perusahaan.

Seperti PT. Centrepark Citra Corpora yang bergerak pada bidang perparkiran yang mana harus memiliki fondasi kejujuran yang tinggi sebab hubungannya tidak hanya dalam internal perusahaan namun juga berhubungan dengan para pelanggan. PT. Centrepark Citra Corpora memiliki prinsip yang disingkat dengan HEART, yang artinya Honesty, Excellence, Accountability, Respect, dan Teamwork.

Semua prinsip di atas semuanya penting dan harus salin dikolaborasikan sehingga mencapai pelayanan yang prima. Namun, kejujuran menjadi salah satu nilai yang paling luhur karena menjadi suatu modal untuk memberikan kepuasan para pelanggan yang tentunya sudah sangat percaya dengan perusahaan sebesar PT. Centrepark Citra Corpora.

Semua karyawan CentrePark digembleng dan digodok dalam bentuk training soft skills yang membuat kejujuran menjadi salah satu fondasi utama dalam pekerjaan. Semua karyawan baik dari jajaran tertinggi sampai jajaran pangkat karyawan yang terendah kejujuran tetap menjadi yang nomor satu. Lebih diutamakan lagi kepada para pekerja lapangan yang terjun secara langsung menghadap para pelanggan.

Para karyawan ini dibekali dengan tiga kebenaran yaitu yang pertama adalah

  1. kebenaran dalam hal perkataan baik salah, benar, dan tepat janji.
  2. kebenaran dalam bidang perilaku yang harus dilakukan sepenuh hati tanpa dibuat-buat.
  3. kebenaran dalam bidang kemauan, untuk terus mau dan melakukan yang terbaik.

*Berbuat jujur itu melegakan, berkata jujur itu membahagiakan, jadi orang jujur itu pilihan, jadi pilihlah dengan bijak!