5 (Lima) Langkah Untuk Mengatasi Mobil Terendam Banjir

5 (Lima) Langkah Untuk Mengatasi Mobil Terendam Banjir

5 (Lima) Langkah Untuk Mengatasi Mobil Terendam Banjir

Banjir, dewasa ini bukan lagi permasalahan yang melanda daerah dataran rendah di Jakarta. Bahkan daerah dengan kontur pegunungan lebih banyak, seperti di Bandung pun, sudah rentan terkena banjir. Dampak dari banjir ini dapat menyebar ke berbagai aspek. Dari pengaruh terhadap rutinitas harian, hingga pada kenyamanan saat berkendara.

Terlebih lagi pada masa sekarang ini musim sudah tidak bisa diprediksi dengan tepat. Hujan bisa terjadi pada bulan-bulan yang semestinya kemarau, pun sebaliknya. Intensitas hujan juga bisa semakin meningkat, bahkan belum lagi jika disertai dengan angin kencang. Berbagai dampak bisa ditimbulkan, hingga dengan kendala terhadap berkendara.

Namun, adanya permasalahan tersebut tentu beriringan dengan adanya solusi yang diberikan. Satu dari sekian permasalahan berkendara saat hujan deras adalah mobil yang terendam banjir saat parkir. Jika hal seperti ini terlanjur terjadi, yang harus dilakukan adalah:

1. Putuskan semua sambungan kelistrikan. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya korsleting arus listrik saat banjir merendam sebagian tubuh mobil.

2. Pindahkan mobil tanpa mengaktifkan mesin. Guna menghindari terjadinya kerusakan pada mesin mobil yang dinyalakan saat banjir melanda, lebih baik untuk mematikan terlebih dahulu mesin pada mobil saat hendak memindahkan posisi mobil dari tempat parkir semula ke lokasi yang lebih aman.

3. Setelah mobil berhasil dipindahkan pada lokasi yang tidak terkena banjir, keringkan semua peralatan yang terhubung dengan kelistrikan pada mobil. Bisa Anda angin-anginkan menggunakan alat apa pun yang mendukung pengeringan.

4. Segera ganti oli mobil Anda. Penggantian oli ini bermanfaat sebagai penguras air yang masuk saat mobil terendam oleh banjir. Pastikan bahwa Anda memilih jenis oli yang cocok dengan kendaraan Anda.

5. Pastikan rem aman. Yang paling penting adalah menjaga kondisi kendaraan Anda dalam kondisi aman. Salah satunya dengan memeriksa dan membersihkan kanvas rem, piston caliper, dan karet teromol.

Setelah semua langkah dilakukan, akan lebih baik juga memeriksakan kendaraan Anda ke tempat service kendaraan terpercaya agar terhindar dari kerusakan yang lebih parah. Sebisa mungkin hindari kemungkinan kendaraan Anda terendam banjir.

Selamat berkendara dan hati-hati di jalan!