Langkah Tepat Saat Terjebak Gempa Di Parkiran Mobil

Langkah Tepat Saat Terjebak Gempa Di Parkiran Mobil

Langkah Tepat Saat Terjebak Gempa Di Parkiran Mobil

Saat terjadi bencana seperti gempa, mungkin beberapa diantara Anda berada ditempat yang tidak tepat. Bisa jadi sedang di jalan atau ditempat parkir. Dimanapun itu, potensi bahayanya memang cukup besar.

Dan jika Anda sedang ditempat parkir kemudian terjadi gempa bumi berikut adalah  beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan :

  • Jangan panik. Jika Anda berada di tempat parkir mobil dan di dalam mobil saat terjadi gempa Anda harus tetap konsentrasi sambil membuka jendela mobil kemudian Anda bisa mencari tempat yang aman. Dan usahakan untuk menjauhi tempat yang mungkin akan menimpa benda
  • Pada saat keluar dari mobil dan mencair tempat yang aman usahakan untuk keluar dari tempat parkiran dan menjauhi gedung, papan reklame, pohon yang besar dan lain sebagainya.
  • Jika tidak memungkinkan untuk Anda keluar dari mobil maka usahakan untuk menunggu hingga keadaan benar – benar mereda. Karena sebenarnya berada dalam mobil akan jauh lebih aman terutama jika ada bagian kap dan bodi Anda memang berfungsi dengan baik sebagai pelindung yang lebih kokoh. Selain itu, jika Anda langsung keluar dari mobil maka kemungkinan akan ada resiko yang cukup fatal atau jika kebetulan ada kemungkinan pengendara lain yang panik kemudian justru akan menyebabkan kecelakaan.
  • Selain beberapa sikap saat Anda menghadapi gempa, ada juga beberapa langkah lain yang harus Anda lakukan yang memiliki fungsi antisipatif sehingga Anda tidak menjadi salah satu korbannya. Misalnya adalah pada saat Anda memarkirkan mobil di dalam gedung, kebanyakan pengendara hanya sering mempertimbangan tata letak dari parkir, tujuannya adalah agar pada saat kembali akan segera menemukan posisi yang semula saat mereka akan mengambilnya. Namun ada baiknya untuk Anda mulai membiasakan untuk mengetahui dimana letak tangga darurat. Tujuannya adalah jika Anda kebetulan berada di dalam gedung, maka Anda bisa menemukan arah yang tepat untuk Anda keluar.

Demikian beberapa saran dari kami PT. CentrePark Citra Corpora selaku operator parkir terbesar di Indonesia sejak 2009 perihal tindakan yang dapat Anda lakukan jika terjebak gempa saat di parkiran mobil. Safety First !