Langkah Awal Yang Harus Dilakukan Jika Kehilangan Tiket Parkir

Langkah Awal Yang Harus Dilakukan Jika Kehilangan Tiket Parkir

Langkah Awal Yang Harus Dilakukan Jika Kehilangan Tiket Parkir

Ketika Anda memarkir kendaraan pada tempar parkir yang sudah disediakan secara khusus, umumnya akan mendapatkan karcis atau tiket parkir untuk menandakan bahwa Anda memarkir kendaraan di tempat tersebut. Tiket ini bisa diberikan pada petugas parkir saat di pintu masuk atau petugas yang mendatangi Anda ketika keluar dari kendaraan, bisa juga keluar melalui alat otomatis yang ada pada palang pintu parkir otomatis.

Kemudian jika Anda melihat pada bagian ketentuan yang tercantum pada tiket parkir umumnya akan tertulis mengenai konsekuensi apabila tiket parkir hilang. Biasanya konsekuensinya adalah menunjukkan STNK kendaraan yang sesuai dengan kendaraan yang diparkir, dan atau membayar denda dengan jumlah tertentu. Apa yang harus Anda lakukan ketika tiket parkir hilang? Berikut penjelasannya dari Bapak Samsu Alam selaku Operational Director PT. CentrePark Citra Corpora.

·                     Kenapa harus ada aturan denda?

Tiket karcis adalah tiket yang menjadi tanda masuknya kendaraan Anda ke tempat parkir dan harus ditunjukkan kepada petugas saat akan keluar dari tempat parkir. Tiket ini juga memiliki fungsi sebagai alat yang menandakan waktu atau durasi Anda memarkir kendaraan sehingga bisa digunakan untuk menghitung tarif parkir yang dikenakan.

Setelah lepas dari tempat parkir, tiket karcis sebenarnya tidak memiliki fungsi apa-apa lagi. Lalu kenapa harus dikenakan denda apabila tiket karcis hilang yang bisa merugikan pemilik kendaraan. Apalagi denda yang dikenakan tidak sedikit jumlahnya.

Fungsi ketentuan denda untuk hilangnya tiket parkir adalah sebagai tindakan pengamanan agar tidak terjadi pencurian kendaraan di tempat parkir tersebut. Memiliki tiket parkir adalah bukti bahwa Anda adalah pemilik dari kendaraan tersebut.

Jika tidak bisa menunjukkan bukti tiket, maka petugas berhak untuk mencurigai apakah benar Anda adalah pemilik kendaraan yang akan dibawa keluar. Denda adalah tindakan preventif agar pemilik kendaraan menjaga baik-baik tiket parkirnya. Jika tidak bisa menunjukkan tiket, maka tunjukkan STNK dan juga identitas diri untuk meyakinkan petugas bahwa Anda memang pemilik dari kendaraan tersebut.

·                     Jika tiket parkir hilang

Untuk memastikan Anda tidak punya masalah ketika berada di pintu keluar parkir, sebelum menjalankan kendaraan, pastikan tiket parkir Anda siap untuk ditunjukkan. Jika ternyata tiketnya hilang, siapkan STNK Anda untuk ditunjukkan pada petugas dan juga uang denda jika diminta.

Bagaimanapun juga sudah ada ketentuannya dan tiket parkir adalah tanggung jawab dari pemilik kendaraan. Bahkan umumnya ada himbauan yang menyatakan bahwa tiket parkir jangan ditinggalkan di dalam kendaraan. Simpanlah di dalam dompet Anda agar tidak mudah hilang.

Beberapa gedung atau pengelola parkir kadang punya aturannya sendiri mengenai hilangnya tiket parkir. Ada yang sudah cukup dengan denda atau menunjukkan STNK. Ada juga yang menetapkan aturan lebih ketat seperti menunjukkan BPKB, mengisi formulir kehilangan tiket, mencatatkan nomor identitas, dan sebagainya.

Jika dokumen yang dibutuhkan sebagai bukti tidak dibawa, mau tidak mau pemilik kendaraan harus mengambil dokumen tersebut dan meninggalkan kendaraannya di tempat parkir sampai bisa menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan.