Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Aki Mobilmu Tahan Lama

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Aki Mobilmu Tahan Lama


Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Aki Mobilmu Tahan Lama

Aki mobil adalah bagian yang sangat penting pada sebuah mobil. Bisa dibilang aki adalah jantungnya mobil karena dengan akilah, kelistrikan di dalam mesin mobil bisa berfungsi termasuk ketika menyalakan mobil. Karena fungsinya yang sangat penting makanya perawatan dan kondisi aki mobil harus benar-benar diperhatikan sebelum aki soak dan menjadi masalah saat mobilmu digunakan. Bagaimana cara merawat aki mobil agar tetap awet? Bapak Henry King selaku General Manager Business Developement PT. CentrePark Citra Corpora punya tips yang ampuh untuk kamu.

  • Jangan sampai overload

Aki merupakan baterai mobil yang memiliki kapasitas arus tertentu untuk memastikan komponen pada mobil bisa bekerja dengan baik.  Makin banyak aksesoris atau komponen listrik yang kamu pasang di mobil maka makin banyak pula kebutuhan arus listriknya. Misalnya ketika pasang audio system yang lebih wow dan membutuhkan sumber listrik yang lebih besar. Kalau aki yang kamu pasang saat ini tidak bisa memenuhi kebutuhan listrik untuk audio system barumu, kamu bisa pasang amplifier agar aki mobil tidak soak.

  • Rutin membersihkan aki

Kotoran yang berminyak dan menempel pada aki mobil bisa mengurangi performa dari aki mobilmu. Makanya harus rutin dibersihkan terutama pada bagian terminal akinya. Bagian terminal aki adalah bagian yang paling sering tertutup oleh debu dan juga kotoran. Untuk membersihkannya cukup mudah, kamu bisa menggunakan sikat kawat atau sikat plastik untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit.

  • Mobil dipanaskan setiap hari

Mobil-mobil sekarang lebih banyak menggunakan aki mobil kering ketimbang aki mobil yang basah. Salah satu kelebihan aki mobil kering adalah kamu tidak perlu bolak balik mengisinya dengan air. Cara pengisian baterai aki adalah dengan menyalakan mobil. Jangan sampai aki mobil habis karena jika habis akan menyulitkan mobil untuk di-start dan bisa menyebabkan aki mudah rusak. Makanya meski tidak dipakai, panaskan mobil setiap hari setidaknya minimal selama 5 hingga 10 menit.

  • Lepas kabel mobil aki

Jika mobil lama tidak digunakan, misalnya akan ditinggal pulang kampung atau ditinggal beberapa hari di rumah, sebaiknya lepas kabel akinya. Kabel aki yang tetap tersambung meski mobil tidak digunakan akan tetap mengalirkan listrik sehingga nantinya mobil akan langsung menyala ketika di-start. Kalau tidak digunakan selama berhari-hari, listrik akan terus mengalir dan lama-lama aki bisa jadi kosong.

  • Pilih aki dengan kualitas terbaik

Tips terakhir agar aki kamu tetap awet adalah dengan memilih aki yang berkualitas dan bukan aki abal-abal. Aki kering lebih dipilih karena memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan aki basah termasuk dalam kemudahan perawatannya. Beli aki bagus dengan harga yang lebih mahal akan lebih ekonomis ketimbang kamu beli aki yang lebih murah tapi menyebabkan komponen listrik pada mobil cepat rusak dan akhirnya harus beli aki baru plus perbaikan mobil yang tentunya tidak murah.