5 Cara Untuk Mengatasi Mata Lelah karena Sekolah Online & WFH

5 Cara Untuk Mengatasi Mata Lelah karena Sekolah Online & WFH

5 Cara Untuk Mengatasi Mata Lelah karena Sekolah Online & WFH

Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk menghabiskan waktu lebih banyak di rumah, termasuk untuk bekerja dan sekolah. Dan karena kedua aktivitas ini jadi banyak dilakukan secara online, tak sedikit orang yang mengeluh soal mata lelah dan capek lantaran harus banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer atau laptop.

Tapi tenang saja, karena Anda bisa terapkan 5 cara berikut ini agar mata kembali segar dan terus terjaga kesehatannya. Apa saja ya caranya? Simak daftarnya berikut ini dan selamat membaca!

  • Atur jarak pandang dan tingkat kecerahan layar.

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah mengatur jarak pandang antara mata dengan layar. Jarak yang ideal adalah sekitar 50-100 cm dengan posisi duduk tegak, atau minimal jarak sepanjang lengan bawah dengan posisi siku menekuk dalam posisi L ketika Anda mengetik.

Selain itu, perhatikan pula tingkat kecerahan layar komputer atau laptop. Pastikan bawa layar tidak terlalu gelap atau terlalu cerah. Dengan begitu, Anda bisa melihat layar dengan jelas.

  • Terapkan metode 20-20-20.

Tahukah Anda bahwa mata akan menegang apabila Anda memfokuskan pandangan pada satu objek dalam durasi yang cukup lama? Hal ini biasanya sulit dihindari karena memang tuntutan kerja dari rumah (work from home alias WFH) dan sekolah online yang mengharuskan Anda jadi sering menatap layar selama berjam-jam.

Solusinya, Anda bisa coba metode 20-20-20 ini. Caranya adalah dengan mengistirahatkan mata setelah menatap layar selama 20 menit, dan alihkan pandangan ke objek lain yang jaraknya 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

  • Rajin berolahraga.

Tak hanya menjaga kebugaran tubuh dan mencegah berbagai risiko penyakit lainnya, ternyata rutin berolahraga juga bermanfaat untuk kesehatan mata, lho! Berdasarkan hasil penelitian, rajin berolahraga sebagai bentuk aktivitas fisik juga bisa meningkatkan kemampuan visual cortex pada otak dan menguatkan penglihatan.

Apalagi, WFH dan sekolah online jadi membuat badan cenderung pasif alias kurang bergerak. Jadi, sambil mengistirahatkan mata dan menguatkan penglihatan, Anda bisa berolahraga rutin untuk menyegarkan badan juga.

  • Periksa mata secara teratur.

Seberapa sering Anda memeriksakan mata Anda? Setahun sekali? Atau malah belum pernah sama sekali? Waduh, padahal rutin periksa mata sangat penting dilakukan, lho! Karena dengan begitu, risiko timbulnya masalah atau penyakit mata pun dapat dideteksi dan dicegah sedini mungkin.

Idealnya, periksakan mata Anda minimal setiap 2 tahun. Dan bagi Anda yang sudah berusia di atas 40 tahun, sebaiknya periksakan mata minimal setahun sekali karena penambahan usia juga meningkatkan risiko penyakit mata dan penurunan kemampuan penglihatan.

  • Konsumsi makanan sehat tinggi vitamin.

Cara terakhir yang tak boleh Anda lewatkan adalah konsumsi makanan sehat dan kaya gizi. Pasalnya, ada beberapa nutrisi sehat dalam makanan yang sangat berpengaruh pada kesehatan dan daya penglihatan manusia.

Nutrisi-nutrisi tersebut seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam lemak omega-3, lutein, dan selenium. Dan beberapa jenis makanan tinggi nutrisi yang baik untuk mata misalnya sayuran berwarna hijau, tuna, telur, salmon, kacang-kacangan, wortel, dan jeruk. Jika kebutuhan vitamin dan mineral Anda dirasa kurang, Anda bisa lengkapi dengan suplemen.

Semoga bermanfaat dan bagikan kepada teman-teman Anda! #staysafe #stayhealthy