Kriteria Bangunan Atau Gedung Dengan Tempat Parkir Terbaik

Kriteria Bangunan Atau Gedung Dengan Tempat Parkir Terbaik

Kriteria Bangunan Atau Gedung Dengan Tempat Parkir Terbaik

Di Indonesia, penggunaan kendaraan pribadi masih menjadi alat transportasi yang utama untuk mobilitas masyarakatnya, dan hanya sebagian saja yang setia menggunakan transportasi umum dan komuter untuk ke mana-mana. Oleh karena itu bagi tempat-tempat dan juga bangunan yang menjadi pusat kegiatan orang harus menyediakan lahan parkir yang layak yang bisa menampung pengunjung dan memberikan kenyamanan dari segala macam aspek.

Anda mungkin pernah menemukan tempat parkir di gedung yang rasanya sulit untuk parkir dengan posisi yang enak, tempat parkir yang gelap, tidak ada rambunya, dan kesulitan lainnya. Bapak Samsu Alam selaku Operational Director PT. CentrePark Citra Corpora menjelaskan bagaimana sebenarnya kriteria fasilitas tempat parkir yang terbaik.

·                     Kriteria lokasi tempat parkir

Tempat parkir yang ideal memiliki lokasi yang tanahnya datar alias tidak miring. Jika lokasi yang dipilih memiliki lahan yang miring, maka harus dilakukan proses grading dengan teknik cut and fill. Kemudian lahan tempat parkir juga tidak jauh dari lokasi kegiatan manusianya. Namun jika lokasinya cukup jauh dari pusat kegiatan maka harus dibuat sirkulasi yang mudah aksesnya dan juga jelas arahnya agar orang bisa dengan mudah menuju tempat kegiatan dan ke tempat parkir setelah kegiatan selesai.

·                     Penerangan tempat parkir

Untuk tempat parkir yang digunakan sepanjang waktu dan digunakan oleh banyak orang, penerangan yang baik adalah elemen yang wajib bagi gedung dengan lahan tempat parkir terbaik. Jika lahan parkir berada di dalam ruangan maka pada langit-langit harus dipasang lampu setiap beberapa meter sehingga setiap sudutnya bisa terlihat dengan jelas. Sedangkan untuk lahan parkir yang ada di luar ruangan, dipasangkan lampu jalan merkuri atau lampu dengan ketinggian 2 meter yang jaraknya diatur sehingga bisa memberikan penerangan yang cukup.

·                     Sesuaikan dengan kapasitas tempat parkir

Berapa luasnya lahan parkir yang dibutuhkan disesuaikan dengan kapasitas tempat parkir yang dikehendaki, karena nantinya akan berhubungan dengan ukuran yang dibutuhkan untuk satu kendaraan terparkir dengan nyaman. Misalnya untuk satu kendaraan roda empat standar seperti mobil pribadi, maka dibutuhkan lebar 1,6 meter dengan panjang 4,8 meter.

Untuk kendaraan roda dua seperti sepeda dan sepeda motor maka untuk per unitnya dibutuhkan lahan parkir dengan lebar 90 cm dan lebar 2 meter. Sedangkan untuk motor yang berukuran besar dibutuhkan lebar 1,05 meter dan panjang 2,5 meter. Sedangkan untuk parkir di luar ruangan seperti misalnya untuk lahan parkir bus, maupun kendaraan dengan jumlah roda lebih dari enam dibutuhkan paling tidak lahan parkir dengan lebar 3 meter dan panjang 8 meter.

·                     Memberikan perlindungan kepada kendaraan

Gedung maupun bangunan yang memiliki tempat parkir terbaik adalah gedung dan bangunan yang memberikan perlindungan terhadap kendaraan yang diparkir. Perlindungan yang penting adalah dari cuaca seperti panas matahari dan juga air hujan. Perlindungan keamanan juga penting bagi tempat parkir yang baik misalnya dilengkapi dengan kamera CCTV, dilengkapi dengan petugas parkir yang bisa memberikan pelayanan terbaik, menggunakan sistem palang parkir otomatis, dan juga menyediakan fasilitas tempat penitipan helm bagi pengendara sepeda motor.