Ketahui Spesifikasi Batas Kecepatan Maksimum Ban Agar Selamat

Ketahui Spesifikasi Batas Kecepatan Maksimum Ban Agar Selamat

Ketahui Spesifikasi Batas Kecepatan Maksimum Ban Agar Selamat

Bagi orang awam, biasanya ketika beli ban kendaraan yang paling penting adalah cocok dengan tipe kendaraan yang akan digunakan dan harganya sesuai dengan budget. Ternyata, penting bagi kamu untuk mengetahui spesifikasi khusus yang ada pada masing-masing ban agar kamu bisa tepat memilih ban serta menggunakan kendaraan sesuai dengan batas spesifikasi ban yang dipakai.

Salah satu spesifikasi yang penting adalah batas kecepatan maksimum kendaraan ketika menggunakan ban tersebut. Ban diibaratkan sebagai sepatunya mobil atau motor, sepatu dengan permukaan yang lebih tipis kalau digunakan untuk lari maraton 10 km setiap hari tentunya tidak akan bertahan sampai sebulan. Begitu juga dengan kendaraan, ia membutuhkan ban dengan spesifikasi batas kecepatan maksimal yang tepat untuk menyesuaikan diri dengan kemampuan kendaraan yangkamu gunakan.

  • Cara membaca spesifikasi batas kecepatan maksimal ban

Bagaimana caranya membaca kecepatan maksimal pada sebuah ban kendaraan? Mudah sekali kok, Bapak Henry King selaku General Manager Business Developement PT. CentrePark Citra Corpora menyampaikan bahwa spesifikasi ban terlihat jelas pada bagian permukaan ban yang dituliskan dengan kode huruf dan angka.

Misalnya pada ban yang kamu gunakan memiliki tulisan spesifikasi 225/50R16 93V maka huruf V pada tulisan 93V mewakili rating batas kecepatan maksimal yang direkomendasikan pada saat kendaraan digunakan. Huruf V artinya adalah batas kecepatannya 240 km/jam. Berikut adalah daftar lengkap kode rating batas kecepatan pada ban kendaraan:

–               J : 100 km/jam

–               K : 120 km/jam

–               L : 130 km/jam

–               M : 140 km/jam

–               P: 150 km/jam

–               Q : 160 km/jam

–               R : 170 km/jam

–               S : 180 km/jam

–               T : 190 km/jam

–               U : 200 km/jam

–               H : 210 km/jam

–               V :  240 km/jam

–               ZR : 240 km/jam

Umumnya kode rating ZR adalah rating tertinggi pada spesifikasi ban, namun ada juga produsen ban yang memberikan rating lebih tinggi yaitu W untuk batas kecepatan hingga 270 km/jam, dan Y untuk batas kecepatan 300 km/jam. Selain ada juga yang menggunakan kode Moped untuk ban dengan batas kecepatan hanya 50 km/jam.

  • Cara merawat ban agar tetap awet

Ban yang kerap digunakan melebihi batas kecepatannya bisa lebih cepat gundul atau bahkan kehilangan daya grip nya pada aspal sehingga membuat mobil jadi hilang kendali. Selain mengetahui spesifikasi batas kecepatan ban yang direkomendasikan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kualitas ban lebih awet dan lebih aman untuk dikendarai, yaitu:

–               Jaga tekanan ban jangan terlalu kempes namun juga jangan terlalu penuh dengan angin karena udara di dalam ban akan mengalami pemuaian ketika kena aspal yang panas

–               Jangan membawa beban melebihi batas rekomendasi ban

–               Jika kendaraan dirasa sudah tidak seimbang, segera bawa ke bengkel untuk spooring  atau balancing.