Kepedulian CentrePark Akan Keamananan, Kesehatan dan Keselamatan Karyawan

Kepedulian CentrePark Akan Keamananan, Kesehatan dan Keselamatan Karyawan

Kepedulian CentrePark Akan Keamananan, Kesehatan dan Keselamatan Karyawan

Bapak Fathony selaku Deputy General Manager Operational dari CentrePark tentu menjadi salah satu pihak yang sangat peduli dengan masalah K3 yaitu Keamanan, Kesehatan serta Keselamatan Kerja bagi para karyawan. Hal ini tidak lepas dengan banyaknya jumlah para pekerja atau karyawan di CentrePark yang tentunya rawan dengan kecelakaan, pasalnya bentuk pekerjaan yang dilakukan berkaitan dengan kondisi lalu lintas dan keberadaan beragam jenis kendaraan di jalanan serta tempat parkir yang dimiliki.

Karena itulah perusahaan CenterPark pun sangat peduli dengan masalah tersebut, hal ini terbukti dengan beberapa tindakan yang kini dilakukan secara rutin oleh perusahaan tersebut. Kegiatan itu berkaitan dengan training mengenai K3 yang bahkan dilakukan secara rutin dan berkala hingga menjangkau luar pulau Jawa.

Berbicara mengenai masalah K3, berikut penulis jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan K3 itu sendiri. Berikut penjelasannya : 

K3 atau Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan kerja bagi karyawan ini merupakan bentuk perlindungan atau keamanan yang ditujukan untuk menghindari kemungkinan atas terjadinya kecelakaan atau bahkan bahaya fisik, kemudian bahaya mental serta emosional yang terjadi pada para pekerja, kemudian perusahaan serta orang-orang yang berada di lingkungannya.

  • Manfaat dari K3 

Ada beragam jenis manfaat yang bisa dirasakan dari K3, yang diantaranya berkaitan dengan proses identifikasi serta penilaian pada beragam kemungkinan bahaya kesehatan yang ada di tempat kerja, kemudian dapat memberikan anjuran pada tahap perencanaan yang berkaitan dengan pengorganisasian, kemudian praktek kerja, serta desain kerja di dalamnya.

Manfaat selanjutnya berkaitan dengan pemberian anjuran, kemudian informasi, kursus atau bahkan edukasi yang berkaitan dengan masalah kesehatan kerja serta APD  yang berkaitan dengan penggunaan pakaian atau bahkan sepatu safety dalam proses pekerjaan. Lebih dari itu, ada pula beberapa manfaat lain seperti dapat memonitor kesehatan dari para pekerjanya, kemudian ikut dalam sistem rehabilitasi, serta pengelolaan P3K dan juga beragam aksi darurat yang dibutuhkan. 

  • Manfaat dari ilmu pengetahuan K3 

Selain manfaat yang secara langsung, proses training seperti yang dilakukan oleh CentrePark mengenai K3 juga dapat memberikan manfaat lainnya, seperti pengetahuan yang tidak langsung turut bekerja dalam proses usaha untuk melindungi kesehatan pekerja melalui kegiatan promosi kesehatan, serta meningkatkan daya tahan tubuh dari para pekerjanya itu sendiri.

Kemudian manfaat lainnya juga dapat dirasakan pada sistem kerja yang tentunya jauh lebih aman serta memiliki potensi rendah akan terjadinya kecelakaan. Hal ini berkaitan pula dengan setiap tenaga kerja atau karyawan yang berhak memperoleh bentuk perlindungan akan keselamatannya dalam melakukan pekerjaan serta mendapatkan kesejahteraan hidup dengan meningkatkan produktitivitas kerja.