Yuk Kenali Arti Warna Asap Mobil Kesayangan Anda !

Yuk Kenali Arti Warna Asap Mobil Kesayangan Anda !

Mobil Anda mendadak mengeluarkan asap? Jangan langsung mengambil tindakan. Pasalnya kalau salah dalam penanganan dapat menimbulkan kerusakan pada kendaraan Anda.

Warna asap dapat membantu Anda untuk mengetahui penyebab pasti dari masalah tersebut. Nah kita simak cara penanganannya jika knalpot mobil Anda mengeluarkan warna asap berikuti ini :

  • Hitam

Hitam menjadi warna yang paling sering dikeluarkan mobil. Apa makna dari warna ini? Asap hitam yang muncul dari knalpot mobil menandakan pembakaran pada mesin yang terlalu banyak atau boros. Dalam hal ini, Anda perlu memeriksa dulu filter atau penyaring udara.

Lanjutkan ke komponen mobil lain seperti sensor, injeksi bahan bakar, sampai fuel pressure regulator. Asap mungkin mudah untuk ditangani, tapi pemborosan yang terjadi akan merugikan Anda. Jadi, akan lebih baik kalau Anda segera memeriksakan mobil ke bengkel kalau sudah mengeluarkan asap hitam.

  • Putih

Sebenarnya, asap putih masih relatif aman selama tipis dan baunya tidak menyengat. Warna tersebut jadi tanda dari hasil penumpukan kondensasi di sistem pembuangan. Jenis asap ini pun bisa menghilang cepat. Namun, kalau sudah tebal dan mengganggu, ada kemungkinan pembakaran pada mesin yang disebabkan coolant.

Hal ini akan merusak silinder head, packing head, sampai keretakan di mesin blok. Kalau sudah begini, Anda mau tak mau harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk memperbaiki mobil. Jangan abaikan asap putih yang tak normal seperti ini.

  • Biru

Jika mobil Anda mengeluarkan asap kebiruan, maka itu merupakan tanda adanya pembakaran oli pada mesin mobil. Ring piston dan katup silp yang sudah aus serta oli bocor menjadi beberapa penyebab dari kemunculan asap biru tersebut.

Yang harus Anda lakukan adalah rutin mengganti oli dan memperhatikan pemakaiannya. Pasalnya, biaya perbaikan dari kerusakan masalah ini tidak sedikit. Oli yang bocor akan membuat performa mesin mobil jadi kasar. Dalam jangka waktu lama, busi dan komponen mobil lainnya pun akan rusak.

Setelah mengetahui makna dari setiap warna, Anda jadi tahu harus mengambil tindakan apa agar mobil tidak mengalami kerusakan lebih parah dan berfungsi normal lagi. Yuk coba periksa warna asap knalpot kendaraan Anda!