Kenali 5 (Lima) Penyebab Utama Mesin Mobil Menjadi Overheat

Kenali 5 (Lima) Penyebab Utama Mesin Mobil Menjadi Overheat

Kenali 5 (Lima) Penyebab Utama Mesin Mobil Menjadi Overheat

Dalam beberapa kasus di lingkungan masyarakat Indonesia saat ini, ada beberapa mobil yang tiba-tiba saja terbakar dalam sebuah perjalanan. Hal ini jelas berbahaya, karena beresiko tinggi bagi para pengendaranya atau bahkan orang yang berada di lingkungan sekitar kendaraan tersebut.

Hal seperti ini tentunya menjadi salah satu permasalahan yang juga turut diperhatikan oleh Bapak Henry King selaku Vice President Smartparking & Technology.

Pasalnya bukan hanya berkaitan dengan kondisi di jalanan saja, karena kondisi mobil terbakar seperti itu pun tidak menutup kemungkinan untuk bisa saja terjadi di tempat parkir, meskipun tempat parkir tersebut dikenal dengan tingkat keamanan tinggi.

Karena itulah, untuk menghindari hal tersebut ada baiknya jika anda ketahui beberapa hal yang mungkin dapat menjadi penyebab dari permasalahan tersebut diantaranya : 

1. Radiator yang rusak 

Radiator dikenal dengan fungsinya dalam mengatur suhu mobil. Karena itulah jika mesin mobil terkena masalah, maka pada sistem pendinginannya pun akan terjadi kekacauan yang tentu saja menjadikan kondisi mobil semakin panas utamanya pada bagian mesin yang dimilikinya.

Apabila hal yang satu ini tidak segera ditangani tentunya akan membahayakan. Sementara itu, kondisi radiator yang rusak seringkali disebabkan karena tersumbatnya saluran yang dimiliki radiator tersumbat oleh kotoran, hal inilah yang kemudian menghambat distribusi dari cairan pendingin. 

2. Tidak berfungsinya thermostat

Thermostat dikenal sebagai alat pengukur suhu pada mesin mobil yang tentu saja bekerja dengan menggunakan sistem radiator. Ketika suhu mobil berada dalam kondisi rendah, maka alat tersebut pun akan mengatur air agar tetap berada di bagian dalam radiator, sedangkan ketika mesin mobil berubah menjadi panas, maka air tersebut pun akan diatur untuk segera masuk ke bagian dalam mesin mobil.

Jika alat tersebut tidak berfungsi maka mesin mobil yang berada dalam kondisi panas pun akan tetap berada dalam kondisi panas, dan tentu saja dapat mengakibatkan overheat.

3. Penggunaan oli abal-abal 

Ada banyak jenis oli yang tentunya dapat digunakan untuk mesin mobil anda, namun pastikanlah untuk menggunakan jenis oli yang sesuai standar sehingga mesin mobil dapat bekerja dengan maksimal. Hindari penggunaan oli yang dijual murah dan tidak jelas merek yang dimilikinya.

Karena bukan tidak mungkin cairan tersebut tidak dapat menahan panas, sehingga lebih cepat menguap dari waktu yang telah ditentukan. 

4. Matinya kipas pendingin 

Dalam radiator terdapat sebuah kipas yang berguna untuk menyedot udara dingin dari bagian luar. Namun jika kipas tersebut mengalami kerusakan atau bahkan terjadi salah pemasangan, maka suhu yang terperangkap di dalam pun akan menjadikan mesin mobil berubah menjadi panas dan tidak dapat berfungsi dengan baik. 

5. Penggunaan BBM tidak tepat 

Selain beberapa bagian di atas tadi, salah satu penyebab lain yang juga menjadikan mesin mobil berubah menjadi panas dengan lebih cepat adalah penggunaan BBM yang tidak sesuai, yang mengakibatkan knocking sehingga mesin mobil menjadi overheat.