Kegunaan Tutup Pentil Ban Yang Jarang Diketahui Orang Lain

Kegunaan Tutup Pentil Ban Yang Jarang Diketahui Orang Lain

 

Kegunaan Tutup Pentil Ban Yang Jarang Diketahui Orang Lain

Tutup pentil yang dimiliki ban dan juga lebih dikenal dengan sebutan valve cap adalah bagian yang seringkali diremehkan oleh para pengendara.  Bahkan dalam beberapa kasus banyak pula pengendara yang tidak memperdulikannya sama sekali hingga tutup pentil ban dari kendaraannya hilang pun tidak disadarinya, terkecuali apabila telah timbul masalah yang berkaitan dengan keberadaan dari tutup pentil ban itu tadi.

Padahal jika diperhatikan, tutup pentil ban itu sendiri memiliki fungsi yang cukup penting dan bahkan memiliki peranan khusus bagi kendaraan tersebut. Jika anda belum mengetahuinya, Bapak Samsu Alam selaku Operational Director PT. CentrePark Citra Corpora akan memberikan informasi lebih detail berikut ini :

1. Sesuai dengan nama yang dimilikinya tutup pentil ban tersebut jelas berguna untuk menutup bagian pentil dari ban. Mengapa bagian tersebut harus ditutup? Karena jika bagian ini tidak ditutup, maka bukan tidak mungkin terdapat banyak kotoran yang masuk ke dalamnya, baik itu debu, atau bahkan air. Hal ini cukup berbahaya, karena jika beberapa hal tersebut masuk ke bagian dalam maka hal itu dapat merusak bagian katup serta karet sil yang terdapat di dalamnya pun dapat berubah menjadi getas. Lebih dari itu, untuk bagian logam yang terdapat di dalamnya juga akan mengalami korosi atau bahkan karatan yang tentunya mengganggu kinerja ban selama jenis kendaraan tersebut digunakan.

2.Fungsi yang kedua dari pentil ban berkaitan dengan penjagaan ban agar tetap berada pada tekanan yang ideal, hal ini terjadi karena banyak kasus munculnya rembesan yang dikeluarkan dari sela-sela pentil ban. Namun dengan adanya tutup pentil ban, maka keberadaan gas yang terdapat di dalam ban itu pun tidak langsung dikeluarkannya begitu saja. Tekanan ban menjadi bagian penting, karena setiap kendaraan memiliki kecepatan yang beragam, dan tentunya akan berbahaya apabila tekanan gas di dalam ban tidak ideal sedangkan kecepatan kendaraan itu sendiri melaju dengan sangat cepat.

3. Berbeda dengan dua fungsi di bagian atas tadi yang berkaitan dengan tingkat keamanan serta kenyamanan, untuk fungsinya yang ketiga ini berkaitan dengan nilai estetika atau keindahan tampilan dari ban kendaraan. Dengan kata lain keberadaan tutup pentil ban tersebut digunakan untuk mempercantik kondisi kendaraan yang anda miliki, khususnya pada bagian ban. Fungsi dekoratif tersebut ditunjukkan dengan bentuk dari tutup pentil ban yang kini tampil dengan lebih beragam, unik, dan juga menarik. Jika pada umumnya tutup pentil ban hanya hadir dengan bentuk bulat berbahan dasar plastik serta metal, maka untuk saat ini banyak sekali jenis tutup pentil ban yang hadir dengan bentuk menarik seperti halnya bentuk tengkorak, dadu, keranjang, bola dan juga beragam bentuk unik lainnya.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai fungsi tutup pentil ban yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.